OPTIMALISASI PENGELOLAAN KEUANGAN DASAWISMA ALAMANDA PERUMNAS MINOMARTANI

Supriatin Supriatin, Cahya Wahyu Sanditama

Abstract


Menciptakan kedisiplinan suatu daerah dapat dimulai dari cara mengontrol keuangannya dengan baik. Pencatatan keuangan ini dapat membantu mengetahui kondisi keuangan suatu daerah tersebut. Pencatatan keuangan ini juga dibutuhkan ketika suatu daerah akan mengadakan suatu kegiatan yang melibatkan iuran masyarakat demi kelancaran bersama.

Dasawisma Alamanda merupakan kelompok ibu berasal dari Perumnas yang berlokasi di Desa Minomartani Jalan Mujair I RT 06 di kabupaten Sleman yang dibentuk untuk mempermudah jalannya suatu program kegiatan kemasyarakatan. Saat ini Dasawisma Alamanda mengelola keuanganya menggunakan sistem pencatatan keuangan secara konvensional yaitu pencatatan pengelolaan keuangan manual pada sebuah buku, kemudian direkap untuk dijadikan sebuah laporan. Hal ini mempunyai banyak kekurangan diantaranya memungkinkan adanya kesalahan dalam penginputan data maupun laporan yang akan dibuat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat membantu dalam pencatatan keuangan.

Sistem yang akan dibuat ini bertujuan untuk membantu dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada pada Dasawisma Alamanda dalam pengelolaan keuangan supaya lebih cepat, fleksibel dan meminimalisasi adanya kesalahan dalam penginputan data, pengelolaan data maupun laporan yang akan dibuat. Diharapkan sistem informasi pencatatan keuangan ini dapat membantu dan mempermudah petugas keuangan dalam hal ini adalah bendahara untuk proses pengelolaan data keuangan dengan baik dan dapat menghasilkan perhitungan yang akurat.

 

Kata kunci: Pengelolaan, Keuangan, Dasawisma


Full Text:

PDF

References


N. Wulansari, B. E. Purnama dan I. U. Wardati, “Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Sekolah Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pgri 1 Pacitan,” Indonesian Journal on Networking and Security, p. 7, 2013.

A. Rusmayanti, “Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Pada Desa Ngadirejan,” Journal Speed, vol. 6, no. 2, p. 5, 2014.

Kelbandungrejosari, “Dasa Wisma menuju Kesejahteraan Bersama,” Kelurahan Bandungrejosari, Maret 2020. [Online]. Available: https://kelbandungrejosari.malangkota.go.id/?s=DASA+WISMA. [Diakses 30 Mei 2020]. Demulih, “Dasa Wisma PKK Desa Demulih” Kelurahan Demulih, Agustus 2018. [Online]. Available: https://demulih.desa.id/home/artikel/2018/8/28/ dasa-wisma-pkk-desa-demulih. [Diakses 8 November 2020].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.