PEMBERDAYAAN PROGRAM LITERASI MEDIA KUAT LAWAN CORONA MENUJU NEW NORMAL ACTIVITY DI LINGKUNGAN DAWIS KUNYIT PERUMAHAN KORPRI - SEMARANG

Sheila Lestari Giza Pudrianisa

Abstract


Corona merupakan virus yang menyebabkan sebuah penyakit bernama COVID-19 dengan gejala hampir sama dengan influenza/pneumonia. Penyebaran Virus Corona di Jawa tengah khususnya Kota Semarang semakin meningkat. Dilaporkan dari laman Pemprov Jateng, temuan kasus di Kota Semarang diketahui bahwa klastresisasi tertinggi adalah perempuan sebanyak 65.4% dengan rata-rata range berada pada usia dewasa lanjut (Ibu-ibu) yaitu 29-70 tahun. WHO menyebutkan bahwa sebaran virus corona belum dapat hilang sampai vaksin tersebut ditemukan sehingga perlu adanya skema baru dalam menjalani kehidupan di masa pandemic ini dengan istilah ``New Normal``. Pemerintah Kota Semarang mencoba menerapkan konsep new normal sebagai upaya berdamai dengan Virus Corona, tetapi kesadaran masyarakat yang rendah dan kurangnya sosialisasi secara nyata, membuat penyebarannya terus meningkat. Maka dari itu, tim abdimas Universitas AMIKOM Yogyakarta mencoba membantu pemerintah dalam menekan penyebaran Virus Corona, melalui kegiatan Pemberdayaan program literasi media kuat lawan corona menuju new normal activity di lingkungan Dawis Kunyit Perumahan Korpri, Semarang. Tujuan kegiatan ini memberikan literasi dan edukasi secara nyata melalui berbagai media berupa pembuatan video animasi, pamflet/booklet, pembagian kelengkapan alat cuci tangan beserta masker secara gratis di setiap rumah. Kesimpulan dari kegiatan ini cukup signifikan. Terbukti seluruh peserta mengalami peningkatan informasi kearah positif melalui literasi media dengan materi terkait Virus Corona/Covid-19, penyebab dan penyebaranya, cara pencegahan serta adaptasi kebiasaan baru di era new normal.

 

Kata kunci: literasi media, corona, covid-19, new normal activty

Full Text:

PDF

References


• Profil Dawis Kunyit

• BNPB.go.id

• Corona.jatengprov.go.id

• Mulyana, Deddy. 2005. Suatu Pengantar Ilmu Komunikasi.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

• Wood, Julia., T. 2013. Komuniksi Interpersonal; Interaksi Keseharian Edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika

• https://www.liputan6.com/news/read/42607 88/rekor-baru-positif-corona-tembus-973- kasus-per-hari-indonesia-di-masa-puncak- wabah).

• https://www.tribunnews.com/regional/2020/04/17/46-tenaga-medis-di-rs-kariadi- semarang-positif-corona-ini-kata-ganjar- pranowo).

• https://news.detik.com/berita-jawa- tengah/d-5032546/dari-klaster-pasar- kobong-semarang-keluarga-tetangga- pedagang-kena-corona

• https://jatengtoday.com/ibu-ibu-dawis- kunyit-diajak-lindungi-warga-dari-covid- 19-59654

• https://www.rmoljateng.com/read/2020/09/ 09/30186/Dosen-Amikom-Gagas-Alat- Cuci-Tangan-Di-22-Rumah-Dawis-Kunyit


Refbacks

  • There are currently no refbacks.