PENINGKATAN KETAHANAN EKONOMI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE PRODUK KULINER SAMUDRA JAYA

Rivga Agusta

Abstract


Pandemi corona atau covid-19 pada tahun 2020 mengakibatkan banyak sektor pekerjaan yang lumpuh. Salah satunya kelompok pekerja yang bekerja di sektor jasa outbond Samudra Jaya di Jalan Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Sejak diberlakukannya social physical distancing dan beberapa kegiatan yang harus dilakukan di rumah atau Work From Home (WFH), Outbond Samudra Jaya sama sekali tidak mendapatkan pemasukan sehingga terpaksa tidak lagi mempekerjakan staff-nya. Untuk dapat bertahan hidup, minimal untuk menghidupi keluarga, Pak Saptoto pengelola Outbond Samudra Jaya banting setir untuk memulai lagi usaha kuliner berbahan baku telur asin. Namun, walaupun telah mengupayakan penjualan sejak Maret-Juni 2020, tidak ada peminat kuliner tersebut karena terbatasnya kemampuan untuk melakukan pemasaran dan promosi. Program pengabdian masyarakat dengan tema “Peningkatan Ketahanan Ekonomi Masa Pandemi Covid-19 Melalui Program Komunikasi Pemasaran Online Produk Kuliner Samudra Jaya” dilakukan untuk memberi pendampingan, pengetahuan, dan wawasan kepada pengelola Kuliner Samudra Jaya sebagai mitra dalam program ini untuk dapat meningkatkan penjualan produknya. Program ini dijalankan dengan metode pemberian  workshop  online  dan.  pendampingan  online  melalui  media  sosial  Whatsapp  dengan memanfaatkan fitur group chat dan group video call.

 

Kata kunci: covid-19, komunikasi, kuliner, media, pemasaran

Full Text:

PDF

References


Budastra, I Ketut, 2020, Dampak Sosial dan Program Potensial Untuk Penanganannya: Studi Kasus di Kabupaten Lombok Barat. JURNAL AGRIMANSION. Vol. 20 No.1: April 2020. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Mataram Indonesia.

Nasrullah, Rulli, 2015, Media Sosial; Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kurniawati, Wenday Dwi Novi, 2016, Pemanfaatan Instagram Oleh Komunitas Wisata Grobogan Dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah. Jurnal Komuniti, Vol. VII, No. 2, September 2016. Proram Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sefudin, Akhmad, 2014, Redefinisi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) “4P” ke “4C”. Journal of Applied Business and Economic. Volume 1 Nomor 1 September 2014. Universitas Indraprasta PGRI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.