PEMETAAN PARTISIPATIF RUMAH WARGA KAMPUNG GOWONGAN UNTUK MEMPERMUDAH DISTRIBUSI BANTUAN KEPADA WARGA TERDAMPAK PANDEMI COVID-19

Renindya Azizza Kartikakirana, Dwi Pela Agustina

Abstract


Dampak pandemi COVID-19 ini terjadi di berbagai wilayah, termasuk Kampung Gowongan. Kampung Gowongan merupakan salah satu Kampung yang berada di Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta. Di Kampung Gowongan telah dibentuk relawan posko. Tugas dari relawan posko ini adalah memetakan warga yang belum  menerima  bantuan  dan  menyaluran  donasi  dari  para  donatur  dan  dermawan.  Pemetaan  yang dilakukan selama ini masih dalam bentuk manual, belum terdigitalkan secara spasial per rumah. Distribusi bantuan kepada warga terdampak COVID-19 selama ini menggunakan data manual dalam bentuk kertas berisi nama, alamat, dan keterangan. Data tersebut belum berupa data spasial posisi atau letak rumah warga tersebut. Data spasial adalah data yang memiliki referensi keruangan terkait dengan tata letak sesuatu di permukaan bumi. Data spasial tersebut salah satunya dapat berwujud peta suatu area.

 

Kampung Gowongan belum memiliki peta kampung yang detail untuk mengakomodasi hal tersebut. Hanya RW  6  yang  memiliki  peta  rumah  warga,  sedangkan  RW  lainnya  belum  memiliki.  Warga  Kampung Gowongan juga kurang memahami pentingnya data secara spasial. Dengan demikian Pengurus Kampung Gowongan perlu diberikan pemahaman tentang pentingnya data spasial. Selain itu, perlu juga diterapkan pembuatan peta rumah warga secara partisipatif dengan warga sebagai sumber informasi utama untuk perencanaan.  Dikarenakan  kondisi  pandemi  COVID-19,  maka  pemetaan  partisipatif  dilakukan  secara terbatas  dengan  11  RT dan  Ketua  Kampung Gowongan  dengan tetap  menerapkan  protocol  kesehatan (physical distancing dan penggunaan masker) pada saat kegiatan.

 

Luaran dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah terciptanya pemahaman warga Kampung Gowongan tentang pentingnya data spasial wilayah mereka, terjadinya proses pemetaan partisipatif rumah warga Kampung Gowongan yang dipetakan oleh warga sendiri, dan terciptanya peta Kampung Gowongan yang kedepannya dapat digunakan untuk basis data dalam berbagai kegiatan, termasuk distribusi bantuan akibat pandemi COVID-19.

 

Kata kunci: Pemetaan Partisipatif, Peta Kampung, Data Spasial

Full Text:

PDF

References


WHO. 2020. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel- coronavirus-2019 diakses 30 Mei 2020.

WHO. 2020. https://www.who.int/indonesia/news/novel- coronavirus/qa-for-public diakses 30 Mei 2020.

Satgas Penanganan COVID-19. 2020 http://covid19.go.id diakses 30 Mei 2020.

Engkus, dkk. 2020. COVID-19: Kebijakan Mitigasi Penyebaran dan Dampak Sosial Ekonomi di Indonesia. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30820 diakses 30 Mei 2020.

Pebrianto, Fajar. 2020 https://bisnis.tempo.co/read/1332613/sri-mulyani- beberkan-8-dampak-covid-19-sampai-hari-ini diakses 30 Mei 2020.

Rusqiyati, Eka Arifa. 2020. https://m.antaranews.com/amp/berita/1451600/damp ak-covid-19-sebanyak-1488-pekerja-di-yogyakarta- dirumahkan diakses 30 Mei 2020.

Warner, Cali. 2015. Participatory Mapping: A Literature Review of Community-Based Research and Participatory Planning dalam http://web.mit.edu/cwarner/www/SocialHubfinal.pdf diakses 30 Mei 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.