PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT PADA BINAR BATIK

Rakhma Shafrida Kurnia

Abstract


Candi Borobudur merupakan warisan budaya di Indonesia yang menjadi kawasan wisata yang ramai dikunjungi wisatawan dari lokal maupun mancanegara. Banyak usaha mikro kecil dan menengah di sektiar Candi Borobudur. Salah satu pelaku usaha adalah Binar Batik. Binar Batik merupakan salah satu usaha yang memproduksi dan menjual pakaian batik yang terletak di Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang. Pada masa libur nasional dan libur sekolah, penjualan secara offline sangat tinggi dikarenakan banyaknya wisatawan  mengunjungi  Borobudur. Namun diluar masa liburan, penjualan tidak setinggi masa libur. Ditambah lagi dengan adanya Pandemi Covid19 menyebabkan wisata ditutup sehingga tidak ada orang yang datang berkunjung dan berdampak pada penjualan. Dalam melakukan penjualan secara online, saat ini Binar Batik hanya memanfaatkan platform media sosial Instagram dan aplikasi pesan Whatsapp. Namun owner masih memiliki kendala karena belum bisa memaksimalkan platform media sosial tersebut sehingga penjualan dan customer engagement masih terhitung kecil. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra, maka solusi yang ditawarkan adalah media promosi dan pemesanan produk dengan membangun website e- commerce dan memaksimalkan media sosial Instagram agar lebih dikenal oleh target pasar. Luaran dari kegiatan ini yaitu website e-commerce yang menerapkan Teknik SEO dan media social Instagram.

 

Kata kunci: e-commerce, media sosial, batik

Full Text:

PDF

References


Greenberg, P. 2004. CRM at the Speed of Light: Essential Customer Strategies for the 21st Century, Third Edition, Singapore : McGraw-Hill, 2004.

Marsudi, M. 2018. Strategi Komunikasi Pemasaran Interaktif Ciewie Batik Dalam Customer Engagement. Jurnal Komunikasi, 12(1), pp. 63-73.

L. M. Sanyoto et al., 2018. Analisis Usability Pada Website Terhadap Tingkat Retensi Pelanggan Pada JD.id Berbasis ISO 9241-11. J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 9, pp. 2783–2790.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.