PENGENALAN KONSEP URBAN FARMING SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI KETAHANAN PANGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA DRONO, KLATEN

Ni’mah Mahnunah, Deani Prionazvi Rhizky, Irfan Rifani

Abstract


Saat ini situasi global sedang mengalami Pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada bidang kesehatan saja, namun isu pangan juga menjadi salah satu permasalahan prioritas. Untuk menanggapi kemungkinan terjadinya dampak Pandemi Covid-19 di bidang ketahanan pangan dan ekonomi, Desa Drono, Kabupaten Klaten tentunya juga memerlukan berbagai upaya yang diperkirakan akan terjadi dalam jangka panjang. Saat ini tidak semua masyarakat di Desa Drono bermata pencaharian sebagai petani, tetapi juga bekerja di berbagai bidang yang cukup beragam seperti pedagang, buruh, karyawan swasta, pegawai negeri sipil, dan lain sebagainya yang tentunya mereka semua juga merasakan dampak pandemi Covid-19.

Keberadaan organisasi kepemudaan Karang taruna Abimanyu di Desa Drono justru bisa dipandang  sebagai peluang dalam menanggapi situasi pandemi covid-19 yaitu sebagai mitra untuk melakukan kegiatan masyarakat. kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan dengan topik Pengenalan Konsep Urban Farming sebagai Alternatif Solusi Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Covid-19 di Desa Drono, Klaten dapat membantu memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep urban farming, memberikan pengalaman dalam mempraktikkan salah satu metode urban farming, dan mendorong masyarakat khususnya para pemuda untuk melakukan praktik urban farming lebih lanjut untuk dikembangkan menjadi peluang usaha dalam rangka meningkatkan perekonomian.

 

Kata kunci: urban-farming, ketahanan pangan, ekonomi, pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Aslichati, Lilik, dll, “Pengembangan Urban Farming di RW 07 Bukit Indah Tangerang Selatan”, dalam Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka.

Belinda, Nadia, 2017,”Pengembangan Urban Farming Berdasarkan Preferensi Masyarakat Kecamatan Semampir Kota Surabaya”, Tugas Akhir Departemen Perencanaan Wilayah Dan Kota Institut Teknologi Sepuluh November.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC), 2020, “Coronavirus Disease 2019 (COVID-19)”. Archived from the original on 26 February 2020.

Gugus Tugas PP Covid-19, 2020, “Berjuang Bersama Klaten Lawan Corona”, dalam bhttps://awasicorona.klatenkab.go.id, diakses 27 Mei 2020.

Ibrahim, Adi Maulana, 2020,”Pertanian Urban Berperan Penting Pasca Pandemik Covid-19”, dalam Media Indonesia, https://mediaindonesia.com/read/detail/308173- pertanian-urban-berperan-penting- pascapandemik-covid-19, diakses 28 Mei 2020.

Kementerian Dalam Negeri, 2020, “Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah”, dalam dalam https://www.kemendagri.go.id/documents/covid- 19/BUKU_PEDOMAN_COVID- 19_KEMENDAGRI.pdf, diakses 27 Mei 2020.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, 2020, “Covid-19: Peluang dan Dampak Terhadap Sektor Pertanian”, Dalam laman http://perkebunan.litbang.pertanian.go.id/covid- 19-peluang-dan-dampak-terhadap-sektor- pertanian/, diakses 27 Mei 2020.

Siddiq, dll, 2016, “Konsep Urban Farming sebagai Pengetahuan dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Mengatasi Defisit Ruang Terbuka Hijau di Kelurahan Paledang, Kota Bandung”, Universitas Pasundan, Bandung. Sumardjo, dkk, 2016, “Pemberdayaan Kemandirian Pangan Berbasis Urban Farming sebagai Alternatif Solusi Konflik Agraria dan Penanggulangan Kemiskinan”, Prosiding Seminar Nasional Hasil- Hasil PPM


Refbacks

  • There are currently no refbacks.