PENGENALAN E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE DI TK ABA AL IHSAN GUNA MEMBANTU PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Ninik Tri Hartanti

Abstract


Di masa pandemi COVID-19, semua negara melakukan sistem lockdown demi melindungi warga negaranya terhindar dari virus Corona atau COVID-19. Salah satu dampak yang terlihat perubahannya karena penyebaran virus Corona (COVID-19) diantaranya adalah dari segi ekonomi dan pendidikan. Ekonomi masyarakat menjadi melemah, pendapatan bisa menjadi berkurang tetapi pengeluaran semakin bertambah. Sedangkan dalam bidang pendidikan akan membawa perubahan dalam sistem pembelajaran, yang semula belajar dengan bertatap muka secara langsung dan berada di kelas bertemu dengan teman-teman dan guru, sekarang proses belajar mengajar menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut daring. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan cara tidak bertatap muka secara langsung antara pendidik dan siswa, tetapi dilakukan melalui dalam jaringan (online), misalnya dilakukan dengan menggunakan e-learning atau video conference. Google memberikan beberapa fasilitas untuk metode dalam pembelajaran jarak jauh, salah satunya adalah Google Classroom. Adanya Google Classroom memungkinkan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih produktif dengan pemberian tugas dan materi, meningkatkan kolaborasi antara siswa dengan guru, dan menciptakan komunikasi di antara keduanya. Sebagai guru dapat membuat kelas, memberikan tugas, mengirim materi pembelajaran, dan melihat semuanya dalam satu tempat.

 

Kata kunci: e-learning, daring, google, classroom, lockdown

Full Text:

PDF

References


F. R. Kosasih, "Pemanfaatan Open Educational Resources Bagi Guru SMA Taruna Terpadu Bogor", Jurnal Abdimas BSI, Vol.1, p 398-405, 2018

U. N. El Fauziah, "Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris Smp Di Subang", Jurnal Abdimas Siliwangi, Vol.2, p.183, 2019.

A. F. Ubaidillah, "Implementasi Google Classroom Sebagai Sarana Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Kabupaten Tuban", Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ABDI KAMI, Vol. 3, p. 103-112, 2020.

Sabara, Edy, "Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran", Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makasar. p. 122-125, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.