PEMANFAATAN TEKNOLOGI BERBASIS CLOUD UNTUK MENDUKUNG PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH

Majid Rahardi

Abstract


Sekolah adalah lembaga yang memiliki peran penting dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa, beragama dan bernegara. Oleh karena itu keberlangsungannya harus tetap dijaga walau dalam keadaan bagaimanapun. Tak terkecuali pada masa situasi dan kondisi pandemi covid-19 saat ini. Pandemi covid-19 telah menyebabkan dampak buruk yang luar biasa pada berbagai sektor. Sektor pendidikan tak terhindarkan dari dampak pandemi covid-19 tersebut. Salah satunya yaitu dengan diharuskannya melakukan proses Belajar Dari Rumah (BDR) secara daring (dalam jaringan) atau online. Hal ini memaksa pihak sekolah untuk berfikir lebih dalam agar proses pembelajaran tetap bisa berlangsung dengan baik. Oleh karena itu pihak sekolah membutuhkan sebuah pelatihan untuk dapat memanfaatkan teknologi agar mendukung proses pembelajaran jarak jauh. Setelah diadakan pelatihan penggunaan fitur-fitur gsuite, pihak sekolah dapat melanjutkan pembelajaran jarak jauh dengan baik. Antaranya menggunakan google meet untuk pembelajaran secara daring. Menggunakan google form untuk mendukung presensi secara daring. Menggunakan cloud google drive untuk menyimpan berkas-berkas penting. Dengan demikian proses pembelajran tetap bisa berlangsung secara efektif dan efisien.

 

Kata kunci: teknologi, cloud, administrasi, sekolah

Full Text:

PDF

References


Ariessanti, H. D., Warsito, A. B., & Rumoma, N. (2020). Pemanfaatan Google Drive Sebagai Media Pembelajaran iLearning Pada Perguruan Tinggi Raharja. Jurnal VOI (Voice Of Informatics), 9(1).

Muhammad, R., Hendriyana, H., & Ardimansyah, M. I. (2020). Penerapan Google Spreadsheet Dalam Pembuatan Laporan Keuangan Untuk Pengembangan Usaha Umkm Kota Bandung. Ikra-Ith Abdimas, 3(1), 101-106.

Faizatin, D. N. (2019). LKP: Pemanfaatan Google Form dalam Pengarsipan Elektronik di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dinamika (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Handayani, I., Aini, Q., Cholisoh, N., & Agustina, I. I. (2018). Pemanfaatan Google Form Sebagai Pendaftaran TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) Secara Online. Jurnal Teknoinfo, 12(2), 55-59.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.