PELATIHAN DARING PEMBUATAN DAN DESAIN SERTA MANAJEMEN KONTEN WEBSITE UNTUK STAF DAN PANWASCAM BAWASLU SLEMAN

M. Nuraminudin

Abstract


Website adalah sekumpulan halaman yang saling berhubungan dan berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun selama website bersifat publik dan tersedia jaringan internet. Pada saat ini, website menjadi salah satu media informasi yang paling diandalkan dan digunakan di seluruh dunia karena ketersediaan jaringan internet dan makin banyaknya pengguna smartphone di seluruh dunia, tidak terkecuali pada Bawaslu Sleman. Masalah yang terjadi adalah banyak dari staf dan panitia pengawas kecamatan (panwascam) Bawaslu Sleman yang belum memiliki pengetahuan dalam pembuatan, mendesain, dan mengelola konten website dengan baik. Sehingga penyampaian informasi melalui media website menjadi tidak efektif. Oleh karena itu perlu dilakukan pelatihan untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuan mereka agar dapat membuat, mendesain dan mengelola konten website dengan baik. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah dengan mengadakan pelatihan daring pengenalan teori dasar-dasar website secara synchronous menggunakan Zoom, serta pelatihan praktikum daring secara asynchronous melalui video tutorial yang diunggah di Youtube. Selain itu, diadakan juga pendampingan secara luring di kantor Bawaslu Sleman dengan jumlah peserta terbatas dikarenakan pandemi covid-19. Hasil akhir yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya keahlian dan pengetahuan staf dan panwascam Bawaslu Sleman mengenai pembuatan, desain dan manajemen konten website.

 

Kata kunci: Bawaslu, Pembuatan Web, Desain Web, Manajemen Konten Web, Wordpress

Full Text:

PDF

References


A. Prayitno and Y. Safitri, “Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis,” IJSE – Indones. J. Softw. Eng., vol. 1, no. 1, pp. 28–37, 2015, doi: https://doi.org/10.31294/ijse.v1i1.592.

N. S. Mudawamah, “Perilaku Pengguna Internet : Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Perpustakaan Dan Ilmu Informasi Uin Maulana Malik Ibrahim,” J. Kaji. Perpust. dan Inf., vol. Vol. 4 No., no. 1, pp. 107–113, 2020, Available:http://journal2.um.ac.id/index.php/bib liotika/article/download/14762/6000.

A. H. Rahardjo, “REKALKULASI KAPASITAS RUANG KELAS UNIVERSITAS TANRI ABENG DALAM PROTOKOL PEMBATASAN JARAK FISIK,” Arsitekta J. Arsit. dan Kota Berkelanjutan, no. Mei, pp. 32– 42, 2020, Available:http://jurnal.tau.ac.id/index.php/arsite kta/article/view/175.

F. Hidayatullah and K. Anwar, “HYBRID LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH MAUPUN PENDIDIKAN OLAHRAGA PERGURUAN TINGGI,” in Prosiding SENOPATI (Seminar Olahraga Pendidikan dalam Teknologi dan Inovasi), 2020, vol. 1, no. 1, Available:http://publikasi.stkippgri- bkl.ac.id/index.php/senopati/article/view/502/35 9.

R. Asnel and C. Kurniawan, “Analisis Faktor Kelelahan Mata pada Pkerja Pengguna Komputer,” J. Endur., vol. 5, no. 2, pp. 356– 365, 2020, Available:http://ejournal.lldikti10.id/index.php/e ndurance/article/view/v5i2-4454.

B. Badrudin and R. Nurdin, “Sim (Sistem Informasi Manajemen) Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Berbasis Cms Wordpress,” Ta’dib, vol. 22, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.31958/jt.v22i1.1416.

M. I. Kurniansyah and S. Sinurat, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Server Hosting dan Domain Terbaik Untuk WEB Server Menerapkan Metode VIKOR,” J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 2, no. September, pp. 14–24, 2020, doi: 10.30865/json.v2i1.2450.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.