PELATIHAN DIGITAL MARKETING USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PROMOSI PENJUAL BUNGA HIAS DI KECAMATAN RUMBIA

Jeki Kuswanto

Abstract


Internet pada saat ini dapat digunakan sebagai media pemasaran atau digital marketing untuk promosi produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). dengan menggunakan internet para pelaku UMKM dapat memperluas jejaring pasar, adapun jenis pemanfaatan internet untuk pelaku UMKM adalah digital marketing yang yang dapat digunakan untuk mempromosikan dan memasarkan produk melalui internet untuk bisa menjakau calon konsumen atau pun konsumen dengan proses yang cepat. Adapun harapan yang ingin dicapai yaitu agar pelaku UMKM menjadi lebih optimal dan mendapatkan hasil yang maksimal dengan memanfaatkan digital marketing.Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berada di Kecamatan Rumbia Lampung Tengah ini memiliki unggulan produk yaitu tanaman Bunga hias yang memiliki bermacam – macam jenis dan bentuk. UMKM ini saat ini ini masih menggunakan media sosial WhatsApp sebagi cara pemasaran produknya Permasalahan pun muncul yaitu pemasaranya masih tergantung pada pemesanan yang tidak menentu dikarenakan metode promosi yang kurang maksial sehingga konsumen belum banyak yang tahu tentang hasil harya UMKM tersebut. Adapun luaran dari kegiatan ini adalah tersedianya sistem informasi untuk membantu promosi produk dalam bentuk media social seperti facebook, instagram dan website, sehingga diharapkan dapat menambah jumlah konsumen dan jangkauannya lebih luas serta pesanan meningkat.

Kata Kunci : Usaha Kecil Menengah (UKM), Tanaman Bunga hias, Digital marketing, Website

Full Text:

PDF

References


Purwana, Dedi ES, Rahmi, Aditya, Shandy, 2017, Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kelurahan Malaka Sari Duren Sawit, Jakarta

Rahmana, Arief. 2009. Peranan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009). Yogyakarta, 20 Juni 2009. Pp (B11-15)

Andri Hendriadi, Ade, Nurina Sari, Betha, Nur Padilah, Tesa, 2019, Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Karawang, Karwang

Djamaludin, Aviasti, dan Rukmana Otong, 2016, Peningkatan Kemampuan Usaha Kecil Menengah Di Wilayah Bandung Raya Dalam Pemanfaaatan Internet SebagaiSarana Pemasaran Dan Perluasan Jangkauan Pasar, ISSN 2502-065X, Hal 125-130.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.