MOTIVASI DAN KETRAMPILAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK WIRAUSAHA MUDA PADA REMAJA ISLAM GADING TULUNG (RIGT)

Ismadiyanti Purwaning Astuti

Abstract


Generasi muda merupakan generasi penerus bangsa yang menjadi tolak ukur kemajuan suatu negara. Kewirausahaan dapat dijadikan salah satu alternatif dalam menyelesaikan masalah pengangguran di mana generasi muda dibimbing untuk memiliki mental mandiri. Dalam pengabdian ini menitik beratkan pada mitra Remaja Islam Gading Tulung (RIGT) yang merupakan perkumpulan remaja di Dusun Gading Tulung yang bergerak dalam bidang keagamaan dan sosial. Anggota RIGT merupakan pemuda usia produktif yang sangat perlu dibangun jiwa kewirausahaan sehingga nantinya dapat menjadi wirausaha yang sukses. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan wawasan pengetahuan tentang konsep kewirausahaan, memberikan motivasi dan dorongan untuk menjadi wirausaha muda serta memberi bekal ketrampilan membatik kain dengan teknik tulis. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan pelatihan  tentang pentingnya menjadi wirausaha muda dan workshop membatik dengan Teknik tulis. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan pengabdian ini adalah peserta pelatihan dan workshop yang terdiri dari 10 anggota RIGT,  telah mampu memahami tentang pentingnya menjadi wirausaha muda dan mampu membatik dengan teknik tulis. Dari kegiatan pelatihan dan workshop ini diharapkan anggota RIGT dapat percaya diri untuk memulai suatu usaha terutama dengan menggunakan ketrampilan membatik yang sudah didapat.  

 

Kata kunci: motivasi, ketrampilan, wirausaha

Full Text:

PDF

References


Savira, Hanum . 2017. Pentingnya Kemampuan Wirausaha bagi Generasi Muda, diakses pada 26 Mei 2020,

Fanny, R.I.M.P.N., 2020. Menumbuhkan Semangat Kewirausahaan Bagi Pemuda Dalam Membangun Nagari. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat DEWANTARA, 3(1 Februari), pp.24-29.

Satriadi, S., Zen, Z.H., Dermawan, D., Anggraini, D.A., Meirizha, N. and Yul, F.A., 2018. Pelatihan Kewirausahaan “Membangun Wirausaha Yang Kreatif Dan Inovatif Di Usia Muda” Di Smk Negeri 1 Mempura Kecamatan Mempura Kabupaten Siak. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(1), pp.29-32.

El Hasanah, L.L.N., 2015. Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, 4(2), pp.268-280. Wikipedia, Batik, diakses pada 29 Oktober 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.