WORKSHOP ONLINE (WSO) MENUJU KEMANDIRIAN EKONOMI KREATIF DITENGAH PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN PLAYEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

Fitria Nuraini Sekarsih, Ali Mustopa

Abstract


Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang mempunyai tingkat pertumbuhan ekonomi yang rendah. Kondisi demikian diperparah dengan adanya COVID-19 atau Virus Corona yang sedang melanda. Pemberdayakan kelompok masyarakat tertentu menjadi sangat penting untuk memotivasi masyarakat bangkit. Salah satu komunitas yang bergerak bersama dibidang dunia ekonomi kreatif adalah Sewurajut.  Komunitas tersebut memberikan kesempatan kepada wanita, janda serta korban PHK akibat pandemi COVID 19 untuk meningkatkan keterampilan mereka yang berimplikasi pada peningkatkan kondisi ekonomi. Penggunaan teknologi internet pun menjadi solusi agar kegiatan di masyarakat tetap stabil. Pertemuan rutin yang biasanya diadakan sekali sebulan pun akhirnya terhenti. Diharapkan dengan menggagas Workshop Online (WSO) ini, kegiatan akan tetap berlangsung seperti semula. Sharing materi workshop dilakukan dengan menggunakan video yang kemudian diskusi dilanjutkan melalui Whatsapp Grup (WAG). Workshop Online ini diikuti oleh 55 peserta yang didominasi perajut pemula. Pelaksaaan kegiatan yang berjalan selama tiga bulan yaitu Juli – September 2020 dan diikuti peserta yang mayoritas tidak lagi berusia muda.  

 

Kata kunci: sewurajut, handmade, WSO, merajut, online

Full Text:

PDF

References


Awali, H, 2020, Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1), 1-14.

Basri, C, 2020, Industri Kreatif Di Tengah Pandemi Whiteboard Journal, dilihat 9 Oktober 2020,

Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 5(2), 213-222.

HUMASUNS, 2020, Peluang Dan Strategi Industri Kreatif Di Era Pandemi Covid-19, dilihat 10 Oktober 2020,

Setiaji, A, 2020, Pandemi Covid 19 : Pebisnis Industri Kreatif Harus Bisa Manfaatkan Peluang, dilihat 8 Oktober 2020,

Republika. 2020. Kemenprin : Industri Kreatif Terdampak Pandemi Paling Para, dilihat 8 Oktober 2020,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.