STRATEGI BRANDING DAN PROMOSI ONLINE “WARUNG SEMBAKO ARFA” DI MASA PANDEMI COVID-19

Fitri Juniwati Ayuningtyas

Abstract


UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) memiliki peranan penting dalam memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap upaya-upaya penanggulangan masalah-masalah ekonomi dan sosial di Indonesia. Saat ini, hampir sebagian besar pelaku UMKM terkena dampak Covid-19 salah satunya adalah toko kelontong. Berdasarkan pada kondisi tersebut, Tim PKM akan melakukan inisiasi program pendampingan pada “Warung Sembako Arfa” dikarenakan warung tersebut termasuk salah satu jenis usaha yang terdampak pandemi Covid-19. Target luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi 1). Meningkatkan kemampuan pengelola “Warung Sembako Arfa” dalam mengembangkan usaha dengan baik dan tepat sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran serta meningkatkan omset penjualan; 2). Meningkatkan kesadaran pengelola untuk selalu melakukan pencatatan transaksi keuangan secara rutin, membuat laporan ketersediaan barang, serta membuat laporan keuangan yang lengkap dan akurat. Kegiatan yang dilakukan oleh Tim PKM mencakup pelatihan pembuatan logo dan poster “Arfa Groceries” untuk kepentingan promosi online serta penggunaan aplikasi POS Qasir guna meningkatkan produktivitas usaha. Hasil dari kegiatan ini adalah Mitra menjadi terbantu dalam mengelola serta mengembangkan usahanya sehingga akan terwujud manajemen usaha yang lebih baik dan produktif.

 

Kata kunci: UMKM, Branding, Promosi, Pemasaran, Omset

Full Text:

PDF

References


D.W. Rachmawati, H. Gunawan, A.L.N. Sari, 2014, Analisis Laporan Keuangan Usaha Warung Sembako ‘Zainuddin, Jurnal Profit, Universitas PGRI Palembang, vol. 6, no. 1, pp. 17-25.

Kartajaya, 2002, Hermawan Kartajaya on Marketing Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

K. Sabrina, 2019, Seberapa Penting Mencatat dan Mengelola Stok Produk dalam Usaha?, Qasir, dilihat 1 November 2020, < https://www.qasir.id/tips/seberapa-penting-mencatat-dan-mengelola-stok-produk-dalam-usaha>.

K. Sabrina, 2020, Sejauh Mana Kamu Yakin dengan Sistem atau Cara Mengatur Keuangan Usaha yang Kamu Gunakan Saat Ini?, Qasir, dilihat 1 November 2020, < https://www.qasir.id/inspirasi/cara-mengatur-keuangan-usaha>.

P. Anggia, 2020, Maksimalkan Tampilan Struk untuk Promosi, Qasir, dilihat 3November 2020, < https://www.qasir.id/tips/maksimalkan-tampilan-struk-untuk-promosi>.

P. Chyan and S.C. Sumarta, 2016, Toko Kelontong sebagai Penyangga Ekonomi Rumah Tangga Masyarakat di Kota Makasar, ResearchGate, dilihat 1 Mei 2020, .

Qasir, Tentang Qasir, dilihat 4 Mei 2020, .

Rachmawan. B, H.P. Susetyo, Suyatna. H, Astuti. P, 2019, Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Tjiptono, F, 2008, Strategi Pemasaran. Edisi 3, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Y. Tanuatmadja, I.W. Swandi, A. Raditya, 2019, Perancangan Branding “Marilyn’s Cake” Surabaya, Jurnal DKV Adiwarna. Universitas Kristen Petra, vol. 1, no. 4, pp. 1-12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.