PELATIHAN PEMBUATAN GAME UNTUK SISWA SD MUHAMMADIYAH KADISOKA

Bayu Setiaji, Windha Mega PD

Abstract


Perkembangan teknologi informasi sudah mengalami kemajuan yang kian pesat. Hasil perkembangan IT sudah menyentuh sebagian besar kehidupan masyarakat sehingga mempermudah berbagai aspek kehidupan.  60 persen populasi dunia telah menggunakan internet, menurut laporan Digital 2020: Global Digital Overview yang dirilis oleh DataReportal. Itu artinya, pada awal 2020, jumlah pengguna internet di dunia telah mencapai angka 4,5 miliar.

 Sekitar 80 persen pengguna internet pada rentang umur 16-64 tahun bermain game setiap bulannya. Jadi, jumlah gamer di dunia mencapai 3,5 miliar orang. Sebagian besar (69 persen) dari pengguna internet bermain game di mobile. Sementara 41 persen bermain game di laptop atau desktop dan 25 persen bermain game di konsol.

Bisnis mobile game juga terbukti menguntungkan. Data dari App Annie, pengguna smartphone menghabiskan US$65 miliar untuk membeli game atau item dalam game sepanjang 2019. Total belanja di game memberikan kontribusi sebesar 70 persen pada total spending konsumen di perangkat mobile sepanjang tahun 2019. Dengan melihat data di atas anak-anak usia 6-12 tahun memiliki potensi sejak dini untuk diperkenalkan tentang teknologi informasi agar tidak sekedar menjadi pengguna.

Luaran dari kegiatan ini adalah memperkenalkan logika algoritma serta penerapannya dalam pembuatan game sederhana sebagai sarana menarik minat siswa SD pada dunia IT dan memberikan kegiatan yang bermanfaat saat siswa menjalankan kegiatan belajar dari rumah.

 

Kata kunci :  Pendidikan Anak Sekolah Dasar, Teknologi Informasi, Algoritma, Game

Full Text:

PDF

References


https://www.agi.or.id/id/berita-terbaru/luncurkan-situs-dan-identitas-baru-asosiasi-game-indonesia-siap-mengakselerasi-industri-game-indonesia (tanggal akses 08 Nov. 2020, 12.44 WIB).

Suyanto, M, Drs., MM. 2009. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Penerbit Andi

Sutopo; Hadi, A. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.