PELATIHAN KOMUNIKASI MARKETING DAN DIGITAL BRANDING DI TENGAH COVID-19 BAGI PELAKU USAHA DESA GENTAN

Angga Intueri Mahendra

Abstract


Dunia saat ini sedang disibukkan dengan pandemic virus corona (COVID-19). Bencana wabah virus ini sangat terasa dampaknya di berbagai sektor bisnis dan ekonomi. Dalam waktu yang begitu singkat, pola hidup masyarakat dalam hal perilaku maupun sosial berubah drastis. Perubahan ini terjadi seiring dengan meningkatnya kewaspadaan dan kekhawatiran masyarakat akan tertularnya virus corona. Pandemi corona memukul banyak sektor bisnis di Indonesia. Beberapa sektor bisnis mengalami penurunan penjualan namun di sisi lain ada beberapa sektor bisnis yang juga mengalami kenaikan penjualan. Masyarakat dan para pelaku usaha perlu berfikir agar usaha tetap dapat berjalan ditengah sulitnya mencapai target akibat pandemi. Pola pemasaran saat ini berubah seiring dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan social distancing. Banyak Para pelaku usaha saat ini mengubah pola pemasarannya dengan mengoptimalkan pemanfaatan internet sebagai media pemasaran online dan digital branding sebagai sarana komunikasi dengan target para konsumennya.Namun tidak semua pelaku usaha dapat beradaptasi dengan cepat atas perubahan pola ini. Dalam pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan transfer ilmu pengetahuan serta memberikan pelatihan komunikasi marketing dan digital branding yang diharapkan masyarakat pelaku usaha di Desa Gentan Sukoharjo mampu menerapkan pola baru ini sehingga usaha dapat tetap berjalan ditengah wabah virus corona (COVID-19). Target dari kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan para peserta kegiatan akan mampu menerapkan komunikasi pemasaran dan digital branding di masa pandemi COVID-19 melalui pengoptimalan media internet. Hasil dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini berjalan lancar dan peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik ditunjukkan dengan pemahaman peserta terhadap kegiatan ini.

 

Kata kunci: Komunikasi, Pemasaran, Digital Branding

Full Text:

PDF

References


Kotler, P. 2003. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran

Bogerson, Janet.L. and Jonathan. 2002. Ethical Issues of global Marketing avoiding Bad Faith in Visual Representation. European Hournal of Marketing Vol. 36 No. 5/6, pp. 570-594

Sunday, Adebisi. A and Babatunde Bayode. 2011. Strategic influence of promotional mix on organisation sale turnover in the face of strong competitors. Business Intelligence Journal. July, 2011 Vol. 4 No.2 pp.343-250 .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.