PEMANFAATAN MICROSOFT POWERPOINT SEBAGAI SOLUSI STRATEGI VISUAL DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM DI MASA PANDEMI

Alvian Alrasid Ajibulloh

Abstract


Wabah  Coronavirus  Diseases  2019  (Covid-19)  telah  membuat  Indonesia  kerepotan,  mengharuskan Pemerintah Indonesia memberlakukan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan penerapan social distancing dan juga work from home. Akibatnya, banyak perubahan perilaku yang dilakukan oleh masyarakat  terutama  pada  daya  beli  dan  konsumsi.  Ini  memberikan  dampak  besar  terhadap keberlangsungan  sektor  UMKM.  Menurut  kajian  yang  dibuat  oleh  Kementerian  Keuangan  Republik Indonesia  menunjukkan  bahwa  pandemi  COVID-19  memberikan  implikasi  negatif  bagi  perekonomian domestik seperti penurunan konsumsi dan daya beli masyarakat, penurunan kinerja perusahaan, ancaman pada  sektor  perbankan dan  keuangan, serta eksistensi UMKM.  Kondisi  seperti ini membuat beberapa intansi;  LPM  Universitas  Amikom  Yogyakarta,  Talenta  Muda  Indonesia  dan  Smartfren  Community, menginisiasi suatu kegiatan sosial yang bertujuan membantu pelaku UMKM melalui segi pengetahuan. Kegiatan ini dilakukan dengan metode daring, melalui media platform Zoom meeting dan disiarkan secara langsung melalui Youtube channel milik Smartfren community. Kegiatan ini dibuka untuk umum terkhusus untuk para pelaku UMKM. Peserta tidak hanya mendapatkan materi tapi juga mendapatkan template desain konten promosi, yang mana template ini bisa diubah sesuai dengan keinginan atau kebutuhan UMKM. Tujuan pelatihan ini ingin memberikan insight atau wawasan baru bagi para pelaku UMKM, yang mana kegiatan ini bisa menjadi satu inspirasi untuk bisa survive and struggle disituasi pandemi ini.

 

Kata kunci: Pemasaran, Digital, Desain Visual, Powerpoint

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2020). Ekonomi Indonesia Triwulan II 2020 Turun 5,32 Persen. Retrieved from https://www.bps.go.id/website/materi_ind/materiBrs Ind-20200805114633.pdf

Fitriyani, I. (2020). Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 87–95. https://doi.org/https://doi.org/10.15797/concom.201 9..23.009

Hadi, S., dan S.(2020).Revitalization Strategy for Small and Medium Enterprises after Corona Virus Disease Pandemic (Covid-19) in Yogyakarta. Xi’an Jianzhu Keji Daxue Xuebao/Journal of Xi’an University of Architecture & Technolog, 12(4), 4068–4076.https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/ht tp%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.37896%2FJXAT 12.04%2F1149

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2020). Press Conference; Langkah Penguatan Perlindungan Sosial Dan Stimulus Ekonomi Menghadapi Dampak Covid-19. Retrieved from https://www.kemenkeu.go.id/media/14790/materi- konferensi-pers-1-april-2020.pdf

Rani Ummi Fadila. (2020). 1.785 Koperasi dan 163.713 UMKM Terdampak Pandemi Covid-19. Retrieved from https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01379615/1785-koperasi-dan-163713-umkm-terdampak-pandemi-covid-19

Rudi., Cepi. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Siswanto. (2020). Krisis Covid-19, Pekerja Film Sampai Desainer Grafis Kehilangan Pendapatan. Retrieved from https://akurat.co/news/id-1084384-read-krisis-covid19-pekerja-film-sampai-desainer- grafis-kehilangan-pendapatan.

Slamet, R., Nainggolan, B., & Ramdani, H. (2016). Development Strategy Of Digital Start Up To. 136– 147.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.