PEMANFAATAN MICROSOFT POWERPOINT SEBAGAI SOLUSI STRATEGI VISUAL DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM DI MASA PANDEMI
Abstract
Wabah Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19) telah membuat Indonesia kerepotan, mengharuskan Pemerintah Indonesia memberlakukan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan penerapan social distancing dan juga work from home. Akibatnya, banyak perubahan perilaku yang dilakukan oleh masyarakat terutama pada daya beli dan konsumsi. Ini memberikan dampak besar terhadap keberlangsungan sektor UMKM. Menurut kajian yang dibuat oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 memberikan implikasi negatif bagi perekonomian domestik seperti penurunan konsumsi dan daya beli masyarakat, penurunan kinerja perusahaan, ancaman pada sektor perbankan dan keuangan, serta eksistensi UMKM. Kondisi seperti ini membuat beberapa intansi; LPM Universitas Amikom Yogyakarta, Talenta Muda Indonesia dan Smartfren Community, menginisiasi suatu kegiatan sosial yang bertujuan membantu pelaku UMKM melalui segi pengetahuan. Kegiatan ini dilakukan dengan metode daring, melalui media platform Zoom meeting dan disiarkan secara langsung melalui Youtube channel milik Smartfren community. Kegiatan ini dibuka untuk umum terkhusus untuk para pelaku UMKM. Peserta tidak hanya mendapatkan materi tapi juga mendapatkan template desain konten promosi, yang mana template ini bisa diubah sesuai dengan keinginan atau kebutuhan UMKM. Tujuan pelatihan ini ingin memberikan insight atau wawasan baru bagi para pelaku UMKM, yang mana kegiatan ini bisa menjadi satu inspirasi untuk bisa survive and struggle disituasi pandemi ini.
Kata kunci: Pemasaran, Digital, Desain Visual, Powerpoint
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik. (2020). Ekonomi Indonesia Triwulan II 2020 Turun 5,32 Persen. Retrieved from https://www.bps.go.id/website/materi_ind/materiBrs Ind-20200805114633.pdf
Fitriyani, I. (2020). Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 87–95. https://doi.org/https://doi.org/10.15797/concom.201 9..23.009
Hadi, S., dan S.(2020).Revitalization Strategy for Small and Medium Enterprises after Corona Virus Disease Pandemic (Covid-19) in Yogyakarta. Xi’an Jianzhu Keji Daxue Xuebao/Journal of Xi’an University of Architecture & Technolog, 12(4), 4068–4076.https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/ht tp%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.37896%2FJXAT 12.04%2F1149
Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2020). Press Conference; Langkah Penguatan Perlindungan Sosial Dan Stimulus Ekonomi Menghadapi Dampak Covid-19. Retrieved from https://www.kemenkeu.go.id/media/14790/materi- konferensi-pers-1-april-2020.pdf
Rani Ummi Fadila. (2020). 1.785 Koperasi dan 163.713 UMKM Terdampak Pandemi Covid-19. Retrieved from https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01379615/1785-koperasi-dan-163713-umkm-terdampak-pandemi-covid-19
Rudi., Cepi. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Siswanto. (2020). Krisis Covid-19, Pekerja Film Sampai Desainer Grafis Kehilangan Pendapatan. Retrieved from https://akurat.co/news/id-1084384-read-krisis-covid19-pekerja-film-sampai-desainer- grafis-kehilangan-pendapatan.
Slamet, R., Nainggolan, B., & Ramdani, H. (2016). Development Strategy Of Digital Start Up To. 136– 147.
Refbacks
- There are currently no refbacks.