PENERAPAN VIRTUAL ASSISTANT E-COMMERCE DALAM MEDIA PROMOSI DAN PENJUALAN PRE-ORDER DI USAHA JAS FORMAL CARPIGIANI

Agit Amrullah

Abstract


Media online adalah salah satu media yang dimanfaatkan dalam mempromosikan barang dagangan. Promosi lewat media online dipergunakan dalam memaksimalkan promosi dengan harapan peluang peningkatan penjualan pada pangsa pasar, namun pada beberapa platform media penjualan yang ada, pada media penjualan online (e-commerce) yang kurang sesuai dengan aktivitas jual-beli yang dilakukan penjual salah satunya adalah metode pre-order dan checkout. Melihat permasalahan tersebut dibutuhkan kemampuan dalam pembuatan toko online yang sesuai dengan kebutuhan dari metode penjualan yang dilakukan oleh penjual, sehingga pembeli dapat melakukan pembelian dengan menyesuaikan metode jual- beli yang disyaratkan dari penjual. Permasalahan yang terdapat pada pengusaha jas formal carpigiani adalah belum memaksimalkan promosi lewat media online secara maksimal serta belum menemukan penyedia penjualan secara online yang dapat menyesuaikan proses bisnis yang ada, salah satunya adanya virtual assistant pada produk formal carpigiani. Pada kegiatan ini, akan dibangun website pemesanan jas dengan bantual virtual assistant dengan bentuk e-commerce yang dipergunakan sebagai media promosi sekaligus penjualan. Diharapkan dengan adanya media promosi penjualan online melalui website akan terdapat adanya peningkatan penjualan serta promosi pemasaran.

 

Kata kunci: e-commerce, umkm, virtual assistant

Full Text:

PDF

References


W. A. Triyanto, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Kerajinan Tas,” vol. 6, no. 3, p. 5, 2017.

E. Bahartyan, N. Bahtiar, and I. Waspada, “Integrasi Chatbot Berbasis Aiml Pada Website E-Commerce Sebagai Virtual Assistant Dalam Pencarian Dan Pemesanan Produk (Studi Kasus Toko Buku Online Edu4indo.Com),” J. Masy. Inform., vol. 5, no. 10, pp. 34– 43, Oct. 2015, doi: 10.14710/jmasif.5.10.34-43.

M. Nishinaka, Y. Kishita, H. Masuda, and K. Shirahada, “Concept of Future Prototyping Methodology to Enhance Value Creation within Future Contexts,” p. 4.

H. Basri and M. Jaelani, “Web Progresif Sistem Informasi Pelelangan Produk Online pada PT Nusantara Sarana Outlet Jakarta,” p. 8, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.