PENINGKATAN MANAJEMEN PENGELOLAAN USAHA TERNAK LELE MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI APLIKASI BERBASIS ONLINE

Ade Pujianto

Abstract


Wabah virus Corona (Covid-19) yang menyerang dunia tidak hanya merugikan dari sisi Kesehatan, akan tetapi juga memiliki dampak yang memperngaruhi  perekonomian negara-negara di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Dampak ekonomi tersebut sangat dirasakan oleh para pengusaha khsusnya pada kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dimana kurangnya pengetahuan tentang pengelolaan usaha seperti pemasaran, investasi, katerbatasan penggunaan teknologi membuat UMKM mengelami krisis dan penurunan penjualan yang signifikan. Salah satu UMKM yang mengalami dampak wabah virus Corona (Covid-19) adalah peternak lele di Dusun Palgading, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dimana banyaknya usaha kuliner atau makanan yang tutup menyebabkan peternak lele kesulitan dalam menjual dan mendistribusikan hasil panen lele, Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala (PSBB) Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease juga menyebabkan peternak lele kesulitan dalam melakukan penjualan dan pemasaran. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah edukasi atau pelatihan  mengenai peningkatan manajemen pengelolaan usaha ternak lele melalui pemanfaatan teknologi aplikasi berbasis online, dimana melalui pemanfaatan teknologi berbasis online tersebut dapat dijadikan wadah atau media baru untuk para peternak lele dalam menjalankan dan meningkatkan aktivitas pengelolaan usaha mereka dalam menghadapi masalah wabah virus Corona (Covid-19) ini serta meningkatkan pengelolaan usaha mereka dimasa yang akan datang.

Kata kunci: Peternakan Lele, Investasi,  Penjualan, Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Rukmana, Rahmat and Herdi Yudirachman, 2017, “Suskes Budidaya Ikan Lele Secara Intensif”, Andi Publisher, Yogyakarta.

Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, 2018, “Budidaya Lele Sangkuriang. Direktorat Jenderal Budidaya”, Departemen Perikanan dan Kelautan, Jakarta.

Nur Rohim Yubus and Annissa Rezki, 2020, “Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19”, Jurnal Sosial dan Budaya Syar’I, Vol. 7 No. 3 2020.

Zahrotunnimah, 2020, “Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona Covid-19 di Indonesia”, Jurnal Sosial dan Budaya Syar’I, Vol. 7 No. 3 2020.

I Made Resza Surya Adinata, Herman Tolle and Adam Hendra Brata, 2019, “Pembangunan Aplikasi Penjualan Hasil Panen Kelompok Tani untuk Konsumen Berbasis Android dengan Metode Prototyping (Studi Kasus: Kelompok Tani Langgeng Mandiri)”, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 3, No. 7, Juli 2019.

Jusuf L. Malanua, 2019, “Aplikasi Penjualan Obat Dan Peralatan Pertanian Berbasis Android”, Seminar Nasional Teknologi, Sains dan Humaniora 2019 (SemanTECH 2019), Gorontalo, 7 November 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.