PENGEMBANGAN WEBSITE UNTUK PEMASARAN PADA “FIA SOUVENIR” WEDOMARTANI KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATEN SLEMAN

Haryoko Haryoko, Ferri Wicaksono

Abstract


Fia Souvenir adalah salah satu usaha mikro di wilayah Desa Wemartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Fia Souvenir menyediakan bebagai souvenir pernikahan, wisuda, hajatan, haji/umroh dan acara khusus lainnnya. Contoh souvenirnya seperti gantungan kunci, ballpoint, gelas, mug, tumbler, jam, payung, tasbih dan lain-lain. Selama ini model pemasaran yang digunakan manual yaitu menggunakan cara penyebaran brosur atau dari mulut ke mulut.

Permasalahan yang muncul adalah sulitnya memasarkan produk-produk dari Fia Souvenir lebih menyebar ke masyarakat yang lebih luas cakupannya, karena tekendala oleh cara pemasaran yang masih manual. Solusi dari permasalahan sebelumnya dapat dilakukan model pemasaran menggunakan media website sehingga dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas, luar kabupaten, luar provinsi bahkan dapat sampai internasional.

Kata Kunci: usaha mikro, media informasi, media pemasaran, web.


Full Text:

PDF

References


Pemerintah Indonesia. 2008. Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 Yang Mengatur Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Sekretariat Negara. Jakarta.

Lembaga Pengabdian Masyarakat. 2019. Panduan Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen. Yogyakarta: Universitas AMIKOM Yogyakarta.

A.F, Hanif, STMIK AMIKOM Yogyaarta, 2007, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern”, Yogyakarta: Penerbit Andi

Ucapan Terimakasih


Refbacks

  • There are currently no refbacks.