MANAJEMEN DIGITAL CONTENT WEBSITE MASJID AL-IKHLAS CITRA RINGIN MAS

Ferry Wahyu Wibowo, Bima Wreskha Aslam Hanafi

Abstract


Salah satu faktor yang paling berpengaruh pada generasi milenial adalah pemahaman dan pemanfaatan teknologi. Remaja merupakan generasi yang paling rentan terpengaruh dengan teknologi dan paling mampu beradaptasi terhadap lingkungan dan jaman. Organisasi remaja masjid dibawah bidang pembinaan pemuda merupakan cikal bakal pengelola konten digital masjid di samping takmir melakukan tugasnya sebagai pelaksana kegiatan masjid Citra Ringin Mas. Hal ini memacu untuk melakukan kegiatan positif dalam rangka pengembangan model kreativitas dengan berbagai macam metode/cara, sehingga mendidik individu remaja masjid dalam kegiatan yang positif untuk mengelola dan memanfaatkan teknologi yang mereka punya dan mengelola konten web yang ada di masjid Al-Ikhlas Citra Ringin Mas. Masa remaja membutuhkan pembinaan agar mampu berdikari dan produktif dalam kegiatan efektivitas fungsi remaja masjid dan potensi pembangunan umat. Berhubungan dengan hal tersebut, maka perlu mengadakan pelatihan manajemen digital content web dengan memanfaatkan teknologi informasi di sekitar lingkungan masjid Al-Ikhlas Citra Ringin Mas, Dukuh Karangmojo, Kelurahan Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Hal yang diangkat dalam hal ini adalah model fungsi dari masjid secara luas. Program ini mengajukan model fungsi masjid sebagai kreativitas dalam teknologi informasi agar penggunaan kertas tidak begitu banyak dalam penyampaian informasi kepada jamaah masjid Al-Ikhlas Citra Ringin Mas. Hal ini diharapkan agar mampu mendorong penggunaan website masjid Al-Ikhlas sebagai informasi yang efektif dengan mengimplementasikan pengumuman yang dapat terkoneksi dengan Whatsapp grup jamaah masjid Al-Ikhlas. Implementasi pengabdian masyarakat di lingkungan masjid ini terdiri dari penerapan manajemen konten website yang mempunyai fitur tidak berbayar, pemasangan, dan pengaturannya.

 

Kata kunci: Digital, Kreativitas, Konten, Manajemen, Teknologi


Full Text:

PDF

References


A. Basit, 2009, Strategi Pengembangan Masjid Bagi Generasi Muda, Jurnal Dakwah dan Komunikasi (Komunika), Vol. 3, No. 2, hal. 270-286.

N. Nuwairah, 2015, Peran Keluarga dan Organisasi Remaja Masjid dalam Dakwah Terhadap Remaja, Jurnal Al-Hiwar, Vol. 03, No. 06, hal 1-12.

Pimay, Awaluddin., 2005, Paradigma Dakwah Humanis, Semarang: RaSAIL.

F. W. Wibowo, 2017, Pelatihan Pendayagunaan Open Source Website Bagi Informasi Kegiatan Remaja Masjid Al-Ikhlas Citra Ringin Mas, Prosidings Pengabdian Masyarakat, Universitas Amikom Yogyakarta

F. W. Wibowo, 2018, Pembuatan Jaringan Internet di Masjid Al-Ikhlas Citra Ringin Mas, Prosidings Pengabdian Masyarakat, Universitas Amikom Yogyakarta

Sulistiyani, Ambar Teguh., 2004, Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan, Yogyakarta: Gava Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.