PEMBERDAYAAN PROGRAM MEMBANGUN SUASANA BELAJAR YANG NYAMAN MELALUI GAME EDUKASI KAHOOT!
Abstract
Kecanggihan teknologi dan pesatnya perkembangan internet membuat masyarakat kita lebih memilih menggunakan ponsel sebagai media perantara pengirim dan penerima pesan. Meski tidak hanya digunakan untuk keperluan percakapan pribadi, melalui alat pintar yang bernama ponsel, dapat memudahkan penggunanya mendapatkan berbagai informasi yang diperlukan terlebih dapat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan kantor, tugas sekolah, tugas kuliah maupun tugas lainnya. Berbagai aplikasi ditawarkan sesuai dengan keperluan penggunanya seperti aplikasi di bidang pendidikan, manajemen dan pemasaran, kesehatan, teknologi komputer dan masih banyak lagi. Dewasa ini, aplikasi di bidang pendidikan sedang menjadi topik hangat di berbagai kalangan. Baik di institusi pendidikan itu sendiri, pemerintahan maupun di masyarakat. Karena selain memudahkan dalam mencari tambahan referensi, juga dapat mendorong penggunanya untuk memudahkan dalam mengingat berbagai materi pelajaran yang sulit menjadi lebih asik, efisien, praktis dan mudah. Salah satu aplikasinya yaitu Kahoot! Aplikasi tersebut dapat membantu pengguna khususnya siswa untuk bermain sambil belajar, sehingga suasana menyenangkan lebih terbangun dan belajar menjadi tidak mebosankan. Metode belajar menggunakan game edukasi ini yang akan akan kami ajarkan pada Komunitas Guru Belajar sebagai metode baru cara belajar yang lebih asik khususnya dalam membangun suasana baik secara personal maupun kelompok terhadap siswanya.
Kata kunci: membangun suasana, komunikasi, teknologi pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Profil Komunitas Guru Belajar
Infografis survey APJII tahun 2016
Mulyana, Deddy. 2005. Suatu Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi; Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunkasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana
Refbacks
- There are currently no refbacks.