PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LUARAN OLAHAN KELINCI

Moch Farid Fauzi

Abstract


Pembudidayaan kelinci merupakan salah satu potensi untuk meningkatkan sumber daya ekonomi masyarakat dalam membangun perekonomian lokal maupun nasional. Kelinci memiliki potensi ekonomis dan belum banyak dikembangkan oleh para peternak kelinci dan UMKM.Selama ini masyarakat hanya mengenal luaran kelinci seperti daging karkas dan kelinci hias saja. Padahal hampir semua bagian pada kelinci dapat dimaksimalkan seperti urine dan kotoran kelinci yang dapat diolah menjadi pupuk organik cair dan pestisida nabati, kulit kelinci yang dapat disamak sebagai bahan baku jaket, tulang kelinci dapat diolah menjadi tepung tulang untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada kelinci. Permasalahan lainnya adalah peternak kelinci masih belum percaya diri dalam membuat brand usaha dari olahan yang dihasilkan. Hal ini berimbas pada promosi usaha yang kurang maksimal, terlebih untuk saat ini promosi usaha juga masih sebatas menggunakan media social facebook saja. Langkah pertama yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggandeng peternak aktif kelinci untuk dapat menciptakan inovasi bisnis menggunakan luaran dari olahan kelinci. Selanjutnya adalah peran teknologi informasi dalam meningkatkan nilai jual dan promosi, dengan mengadakan pelatihan desain grafis untuk menciptakan brand baru hasil olahan kelinci. Promosi usaha digebrak menggunakan pelatihan online marketing dan optimalisasi media sosial sebagai media promosi.

 

Kata kunci: kelinci, teknologi, spinner


Full Text:

PDF

References


Wikipedia, diakses pada 26 Maret 2019, https://id.wikipedia.org/wiki/Kelinci

Puji, Aprianda, diakses pada 26 Maret 2019, Kupas Tuntas Kandungan Gizi dan Manfaat Mengkonsumsi Daging Kelinci, https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/kandungan-gizi-manfaat-daging-kelinci/

Wasito, Sugeng., Luddy Indra Purnama, Ign., Wisnu Anggoro, Paulus., 2016, Perancangan Mesin Peniris Untuk Aneka Makanan Ringan Hasil Gorengan, Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers UNISBANK (SENDI_U) KE-2 tahun 2016. ISBN: 978-979-3649-96-2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.