DIGITALISASI MANAJEMEN PEMASARAN UNTUK PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF PADA UMKM ZIIDANWOOD

Ferian Fauzi Abdulloh, Kusnawi Kusnawi

Abstract


Ziidanwood merupakan salah satu UMKM yang berinovasi terkait pemanfaatan limbah kayu yang dijadikan produk nilai jual yang berbasis kreativitas berupa kriya. Berawal dari permasalahan limbah kayu hasil pembangunan dan banyaknya pemuda desa yang sulit mendapatkan pekerjaan karena tingkat pendidikan, Pandu memprakarsai pembentukan Ziidanwood bersama masyarakat Duri, Tirtomartani. Permasalahan yang dihadapi oleh Ziidanwood adalah ketersedian bahan, alat, manajemen serta teknik pemasaran yang masih bersifat konvensional. Sebagai UMKM yang terdiri dari pekerja berpendidikan rendah, yang menjadi perhatian khusus adalah proses promosi serta pemasaran. Saat ini Ziidanwood hanya bisa memproduksi, terkendala bagaimana meningkatkan brand produk sekaligus bisa melakukan penjualan secara luas dengan memanfaatkan teknologi informasi. Pesatnya perkembangan teknologi, dunia digital dan internet tentu juga berimbas pada dunia pemasaran. Tren pemasaran di dunia beralih dari yang semula konvensional menjadi digital. Ini menjadi salah bentuk transformasi digital dari UMKM Ziidanwood agar bisa meningkatan brand produk serta kemudahan dalam memasarkan produk untuk meningkatkan ekonomi kreatif dengan manfaat elektronik bisnis yang meliputi disintermediation, reintermediation, hypermediation dan infomediation.

 

Kata kunci: ukm, kriya, pemasaran, digital


Full Text:

PDF

References


BPS and BEKRAF, 2017, Buku Data Statistik dan Hasil Survei Ekonomi Kreatif , Available : https://www.bekraf.go.id/berita/page/21/data-statistik-dan-hasil-survei-khusus-ekonomi-kreatif.

P.W. Arum, Efektifitas Media Sosial Sebagai media Promosi, Tirtayasa Ekonomika, Vol. 12, No. 2, Oktober 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.