PROGRAM PENDAMPINGAN USAHA BERBASIS TEKNOLOGI PADA BIMBEL SANGGAR NIRMANA

Fitri Juniwati Ayuningtyas

Abstract


Salah satu hal yang menyebabkan berkurangnya jumlah siswa di Sanggar Nirmana adalah rata-rata para siswa telah mengikuti bimbingan les yang diadakan oleh sekolah mereka masing-masing. Di samping itu media promosi yang digunakan masih bersifat konvensional, hanya melakukan promosi yang masih terbatas bagi siswa yang tinggal di sekitar Sanggar dan melalui orang tua siswa yang anaknya pernah mengikuti bimbingan les di Sanggar Nirmana ini. Oleh karena itu perlu adanya optimalisasi strategi pemasaran untuk memperluas jangkauan pemasaran. Target luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi 1). Meningkatkan kemampuan pengelola Sanggar Nirmana dalam melakukan pemasaran secara baik dan tepat sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran dan diharapkan ada peningkatan omset; 2). Meningkatkan kesadaran pengelola Sanggar Nirmana untuk selalu melakukan pencatatan keuangan serta pembuatan laporan keuangan secara sederhana, sistematis, dan akurat serta mensimulasikan pembuatan laporan keuangan dengan baik. Hasil dari kegiatan pelaksanaan pengabdian masyarakat bagi Sanggar Nirmana Yogyakarta yang telah terlaksana mampu meningkatkan pemahaman Mitra mengenai bagaimana menerapkan strategi pemasaran yang tepat serta pengelolaan keuangan yang sederhana, tepat, dan akurat dengan menggunakan aplikasi berbasis android. Walaupun Mitra belum menerapkan pencatatan keuangan tetapi sudah melakukan  tahapan awal dalam proses akuntansi  seperti  mengumpulkan  bukti-bukti transaksi berupa kuitansi pembayaran, nota, serta invoice.

 

Kata kunci: pemasaran, instagram, buku kas


Full Text:

PDF

References


Billionaire Coach 2018, Cara Mudah Membuat Link Whatsapp dengan bitly, dilihat 27 Oktober 2019,

Kieso, Weygandt, Warfield, 2007, Intermediate Accounting, Twelfth Edition, Erlangga, Jakarta.

Kotler, P, 1997, Manajemen Pemasaran. Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian (Terjemahan, Jilid 1 dan Jilid 2), PT. Prenhallindo, Jakarta.

Lembaga Pengabdian Masyarakat, 2019, Panduan Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen Universitas Amikom Yogyakarta, Universitas Amikom Yogyakarta.

Mayani, R. 2010, Analisis Efektivitas Bauran Promosi Kelas Tiga SMU pada lembaga Bimbingan Belajar KSM (Kelompok Studi Mahasiswa) Jakarta Pusat, Skripsi, Institut Pertanian Bogor.

Novia, 2018, Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan Sederhana bagi UKM, dilihat 27 Oktober 2019, .

Nuary, D., 2016, Perencanaan Bisnsis Bimbingan Belajar Nuary, Universitas Pasundan, Bandung.

Renova, 2006, Analisis Preferensi Konsumen terhadap Atribut Jasa Bimbingan Belajar PRIMAGAMA (Studi Kasus Bimbel PRIMAGAMA, Bogor), Skripsi, Institut Pertanian Bogor.

Rianto, D., Zanial, dan Mazalisa, 2014, Implementasi Konsep Kewirausahaan Sosial sebagai Model Pembelajaran di Perguruan Tinggi, Jurnal Matriks.

Tim Penelitian dan Pengembangan Perkreditan dan UMKM, 2010, Pola Pembiayaan Usaha Kecil (PPUK) Komoditas Jasa Bimbingan Belajar, Direktorat Kredit, BPR dan UMKM. Biro Pengembangan BPR dan UMKM, Bank Indonesia.

Tjiptono, F, 2002, Strategi Pemasaran. Cetakan Kelima, Penerbit Andi, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.