PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING BAGI ANGGOTA L3M (LIFE LONG LEARNING MAMA)

Toto Indriyatmoko

Abstract


Life Long Learning Mama (L3M) adalah sebuah komunitas bagi para ibu-ibu di kawasan Yogyakarta untuk saling bertukar ilmu parnting sampai dengan pelatihan pembuatan media pembelajaran bagi buah hati. Media pembelajaran yang dibuat adalah prakarya buatan tangan dari hasil kreatifitas para anggotanya. Media pembelajaran tersebut berupa mainan edukatif yang dapat memacu perkembangan syaraf motorik anak. Materi pembuatan media pembelajaran tersebut kemudian diunggah di media sosial instagram mereka @lifelonglearningmamas.  Seiring berjalanya waktu, pengikut instagram L3M semakin meningkat, hingga banyak orang tua dari berbagai latar belakang mengikuti media sosial tersebut. Banyak anggota yang justru adalah seorang wanita karir sehingga mereka tidak bisa selalu mengikuti pelatihan dan membuat media pembelajaran tersebut. Atas dasar cerita tersebut muncul sebuah ide untuk menjual media pembelajaran bagi para orang tua yang tidak memiliki banyak waktu untuk membuat sendiri. Selain membantu antar anggota L3M, media pembelajaran tersebut juga diharapkan dapat digunakan bagi para orang tua diluar komunitas L3M.  Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, media digital dinilai mampu untuk menjangkau orang tua diluar L3M. Pelatihan pemanfaatan e-Commerce sebagai media penghubung bagi produk yang dijajakan perlu dilakukan. Selain sebagai sarana bagi pemasaran produk pembelajaran, diharapkan pelatihan ini juga mampu untuk meningkatkan pendapatan bagi anggota yang bekerja sebagai penyedia layanan produk ataupun jasa sehingga meningkatkan penjualan mereka.

 

Kata kunci: maksimal 5 kata terpenting dalam makalah


Full Text:

PDF

References


Yuhefizar, 2013, Cara Mudah & Murah Membangun & Mengelola Website. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pratama, I Putu Agus Eka. E-commerce, E-business, dan Mobile Commerce Berbasiskan Open Source. Informatika, 2015.

Ahmadi, Candra & Hermawan, Dadang. E-business & E-commerce. Penerbit Andi, 2013.

Electronic Commerce: A Managers Guide by Ravi Kalakota and Andrew Whinston, Addison Wesley, 1997, ISBN 0-2018-8067-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.