PELATIHAN PRODUK KERAJINAN DARI DAUR ULANG SAMPAH

RR. Sophia Ratna Haryati, Theopilus Bayu Sasongko

Abstract


Adanya keberadaan limbah rumah tangga tidak terlepas dari aktivas manusia di kesehariannya. Sampah yang dihasilkan ada yang organik (dapat busuk) dan sampah anorganik (tidak dapat busuk). Sampah anorganik akibat konsumsi masyarakat rumah tangga kebanyakan merupakan bahan-bahan plastik, seperti botol minuman dan pembungkus makanan.

Sampah berbahan plastik yang dihasilkan dari aktivitas rumah tangga sangat berpotensi untuk dijadikan bahan kerajinan yang bernilai ekonomis. Selanjutnya target khusus yang ingin dicapai dalam pengabdian ini adalah memberikan ilmu tentang pemanfaatan limbah anorganik kepada masyarakat khususnya yang berada di Kelurahan Bener, Yogyakarta. Pelaksanaan menggunakan metode pelatihan terbimbing, metode diskusi grup, ceramah, partisipatif, dan latihan.

Berdasarkan pengamatan, secara substansi banyak masyarakat yang belum memanfaatkan limbah anorganik dari bahan plastik untuk diolah menjadi kerajinaan tangan seperti bentuk bunga, alat perlengkapan perhiasan, dan bentuk lain yang dapat memiliki nilai manfaat kembali. Melalui pelatihan kreasi ini warga lebih punya pengetahuan mengenai peluang usaha yang dapat tercipta melalui kreatifitas dan keterampilan tersebut agar tingkat ekonomi warga Kelurahan Bener menjadi lebih tinggi.

Pelatihan kreasi dilaksanakan dengan pemberian materi serta pengetahuan. Saat pelaksanaan kelas kreasi nantinya peserta akan dibimbing untuk dapat berkreasi membuat berbagai kerajinan tangan. Kemudian hasil kerajinan tangan diharapkan dapat di jual ke pasaran luas dan menambah tingkat penghasilan ekonomi warga sekitar.

 

Kata kunci: maksimal 5 kata terpenting dalam makalah


Full Text:

PDF

References


ESP-USAID. 2010. Modul Pelatihan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat. Jakarta: Environmental Services Program

Ni Komang Ayu Artiningsih, dkk. 2008. Peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga (Studi Kasus di Sampangan & Jomblang, KotaSemarang). Jurnal UNTAG Semarang Vol 1, No 2 (2012).

Damanhuri, E. 2010. Diktat Pengelolaan Sampah. Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB): Bandung

Ida Yuliati. 2010. Inspirasi dari Daur Ulang. Surabaya: Tiara Aksa

Kuncoro Sejati. 2009. Pengolahan Sampah Terpadu. Yogyakarta: Kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.