PENGEMBANGAN DESAIN PRODUK JAMU INSTAN DAN CAIR SEBAGAI BENTUK PERAN EKONOMI KREATIF PADA UMKM KELOMPOK UPPKS SERUNI PUTIH

Atika Fatimah, Rivi Neritarani

Abstract


UMKM Kelompok UPPKS Seruni Putih merupakan produsen jamu instan dan cair yang belum mampu menjual jamunya pada segmen pasar yang lebih luas seperti minimaket karena terkendala pada packaging yang belum memenuhi standar pasar. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah membuat desain packaging yang memenuhi standar pasar atau toko. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini ialah Focus Group Discussion (FGD) dan merancang desain packaging jamu instan dan cair. Hasil kegiatan ialah telah diperoleh delapan desain repackaging jamu instan berupa box dan dua desain sticker repackaging jamu cair pada botol yang telah memenuhi standar toko sehingga membantu kelompok UPPKS Seruni Putih dalam meningkatkan omzet penjualan.

 

Kata kunci: desain, packaging, jamu


Full Text:

PDF

References


Julianti, Sri, 2014, The Art of Packaging, Mengenal Metode, Teknik dan Strategi Pengemasan Produk Untuk Branding dengan Hasil Maksimal, PT Gramedia Pustaka Utama : Jakarta

Kuntadi, 2018, CSR Pertamina Berdayakan Masyarakat Bantul, Yogyakarta, dilihat 28 Maret 2019,

Merdeka.com, 2017, UMKM Sumbang 60 Persen ke Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Jakarta, dilihat 27 Maret 2019,

Yasmin, Puti Aini, 2017, Jadi Penggerak Ekonomi, Begini Kondisi UMKM RI, Jakarta, dilihat 27 Maret 2019,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.