PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA

Anik Sri Widawati, Ikmah Ikmah

Abstract


Produksi sampah setiap hari semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan pola konsumsi masyarakat. Hal yang harus dilakukan untuk mengatasi peningkatan volume sampah tersebut adalah dengan cara mengurangi volume sampah dari sumbernya melalui pemberdayaan masyarakat.  Kegiatan pengabdian masyarakat tentang pengelolaan sampah berbasis pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk: (1) meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan sampah rumah tangga, dan (2) memberdayakan masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga menjadi aneka kreasi daur ulang. Sasaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah ibu-ibu rumah tangga dan remaja putri di Dusun Kayen Desa Wedomartani sebanyak 20 orang. Kegiatan pengabdian ini sudah dijalankan dengan berbagai capaian sesuai dengan target luaran sebagai berikut : (1) Sosialisasi tentang pengelolaan sampah. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan sampah rumah tangga dengan baik; (2) Pelatihan pemanfaatan sampah rumah tangga menjadi aneka kreasi daur ulang. Melalui kegiatan ini diharapkan warga masyarakat Dusun Kayen mampu mengelola sampah rumah tangga dengan baik dan mampu memanfaatkan sampah rumah tangga menjadi aneka kreasi daur ulang yang dapat memberikan keuntungan ekonomi dan sosial bagi keluarga.                                         

 

Kata Kunci : pemberdayaan masyarakat, pengelolaan sampah, kreasi daur ulang


Full Text:

PDF

References


A.S. Maulina, 2012, Identifikasi Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilahan Sampah di Kecamatan Cimahi Utara Serta Faktor Yang Mempengaruhinya, Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol. 23 (3).

B. Suwerda, 2012, Bank Sampah (Kajian Teori Dan Penerapan, Yogyakarta, CV. RihamaRohima.

N. Saribanon, 2007, Perencanaan Sosial Partisipatif Dalam Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Kasus di Kotamadya Jakarta Timur, Disertasi Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

W. Wardi, 2011, Pengelolaan Sampah Berbasis Sosial Budaya Upaya Mengatasi Masalah Lingkungan di Bali, Jurnal Bumi Lestari, Vol 11 (1).

Riswan , etc, 2011, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kecamatan Daha Selatan, Jurnal Ilmu Lingkungan Vol 9 (1).

S.A. Yudistirani, L. Syaufina, S. Mulatsih, 2015, Desain Sistem Pengelolaan Sampah Melalui Pemilahan Sampah Organik dan Anorganik Berdasarkan Persepsi Ibu-Ibu Rumah Tangga, Jurnal .Konversi, Vol 4 (2).

Undang-Undang No. 18 Tahun 2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.