INISIASI PEMASARAN DARING PADA DIVISI BISNIS KOMUNITAS YUKNGAJI YOGYAKARTA

Anggrismono Anggrismono

Abstract


Dunia digital akan menjadi pembahasan penting bagi seluruh aktivitas manusia, termasuk didalamnya adalah aktivitas bisnis. Beberapa indikator yang bisa digunakan saat ini antara lain naiknya pengeluaran iklan digital, pertumbuhan kepemilikan smartphone yang menyediakan kemudahan akses internet, perbaikan infrastruktur telekomunikasi dalam rangka peningkatan kualitas akses data, serta diluncurkannya layanan 4G. Menurut data Facebook, 74% pengguna internet di Indonesia menggunakan perangkat mobile [6]. Mitra pengabdian ini adalah Komunitas YukNgaji Yogyakarta. Fokus kegiatan komunitas ini pada pembinaan anak muda melalui berbagai kegiatan yang bermuara pada ketaatan kepada perintah agama. Pengurus Komunitas YukNgaji Yogyakarta saat ini memiliki divisi bisnis yang secara struktural berada dalam supervisi ketua komunitas YukNgaji Yogyakarta. Aktivitasnya menjalankan usaha perdagangan berbagai produk merchandise komunitas YukNgaji. Berdasarkan hasil diskusi bersama Pengurus Komunitas YukNgaji Yogyakarta didapatkan fakta perlunya perbaikan-perbaikan berupa inisiasi kegiatan yang dapat memberikan pengetahuan yang lebih baik terutama terkait pemasaran dan pencatatan transaksi keuangan. Untuk itu pengabdian ini akan melakukan kegiatan penyampaian materi tentang pencatatan transaksi keuangan dan pemasaran melalui media pemasaran daring. Dengan adanya kegiatan ini harapannya dapat membantu divisi bisnis Komunitas YukNgaji dalam pengelolaan usahanya agar semakin baik

 

Kata kunci: keuangan, transaksi, pemasaran daring


Full Text:

PDF

References


Afifah, dan Suryani, Yosi (2016) Serundeng Ubi Sebagai Salah Satu Peluang Usaha dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga; Studi Kasus Pada Usaha Marisa di Kota Padang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 22. No.3.

Bank Indonesia, 2018, Pedoman Akuntansi Pesantren, Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, Jakarta.

Irawan, Yeni; Diana; dan Marlina (2016) Optimalisasi Produksi dan Pemasaran Aksesoris Jilbab Dari Kain Perca di Desa Tambon Baru Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 22. No 3.

Shopee.co.id (2019, November 9).Bagaimana cara berjualan di Shopee. Diakses pada 9 November 2019, dari https://help.shopee.co.id/s/article/hc-Bagaimana-cara-berjualan-di-Shopee.

Sulila, Ismet (2016) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Kapasitas Manajemen dan Mutu Pada Kelompok Kerajinan Karowo di Desa Bongo Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 22. No.3.

Utomo, R. M. (2016, October 20). Pemanfaatan digital marketing di Indonesia masih minim. Diakses pada 9 April 2019, dari http://m.metrotvnews.com/teknologi/news-teknologi/GNGyEMrk-pemanfaatan-digital-marketing-di-indonesia-masih-minim.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.