Rancang Bangun Sistem Informasi Munaqosyah pada Yayasan Insan Prima

Afrig Aminuddin

Abstract


Yayasan Insan Prima bertanggung jawab terhadap proses pembelajaran, kurikulum dan manajemen pendidikan pada 25 TPA di kabupaten Sleman. Di setiap akhir semester,  Yayasan Insan Prima melaksanakan kegiatan munaqosyah. Munaqosyah adalah ujian akhir semester untuk menguji kemampuan santri yang terdiri dari bacaan, hafalan, praktik, makna dan materi. Untuk melakukan analisa terhadap lebih dari dua ribu  data santri dengan lebih dari 50 parameter pengujian dibutuhkan sistem informasi yang memadai. Selama ini bidang kurikulum mengandalkan software Microsoft Excel untuk menganalisa hasil munaqosyah. Namun proses analisa membutuhkan waktu yang lama. Terkadang proses analisa membutuhkan waktu satu bulan lebih karena dilakukan secara manual. Selain itu analisa hasil munaqosyah tidak bisa dilakukan secara mendalam. Atas dasar itu bidang kurikulum ingin memperbaiki proses analisa hasil munaqosyah dengan sebuah sistem informasi yang dapat menganalisa hasil munaqosyah dengan lebih efisien dan lebih mendalam. Luaran dari kegiatan ini adalah membantu pengurus Yayasan Insan Prima khususnya bidang kurikulum dan pengurus TPA yang menjadi binaan Yayasan Insan Prima dalam menganalisa hasil munaqosyah setiap semester yang pada akhirnya dapat digunakan untuk memperbaiki kurikulum TPA demi mewujudkan keberhasilan pembinaan santri.


Full Text:

PDF

References


Wardani, Susy Kusuma. "Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah Pacitan." IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security 2, no. 2 (2013).

Aini, Qurotul, Untung Rahardja, Anoesyirwan Moeins, and Dewi Mariana Apriani. "Penerapan Gamifikasi pada Sistem Informasi Penilaian Ujian Mahasiswa Untuk Meningkatkan Kinerja Dosen." Jurnal Informatika Upgris 4, no. 1 (2018).

Aini, Qurotul, Untung Rahardja, Anoesyirwan Moeins, and Dewi Mariana Apriani. "Penerapan Gamifikasi pada Sistem Informasi Penilaian Ujian Mahasiswa Untuk Meningkatkan Kinerja Dosen." Jurnal Informatika Upgris 4, no. 1 (2018).

Perkasa, Dheru Alam, Eki Saputra, and Mona Fronita. "Sistem Ujian Online Essay Dengan Penilaian Menggunakan Metode Latent Sematic Analysis (Lsa)." Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi 1, no. 1 (2015): 1-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.