WORKSHOP LIBURAN KREATIF SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN BAKAT ANAK BIDANG EKONOMI KREATIF DI DESA DRONO KABUPATEN KLATEN

Ni’mah Mahnunah, Theopilus Bayu Sasongko

Abstract


Ekonomi kreatif saat ini dapat dikatakan sebagai sumber pertumbuhan baru ekonomi di Indonesia yang diperlukan untuk mencapai target pembangunan jangka panjang. Ketersediaan sumber daya manusia dalam jumlah besar dapat ditransformasikan menjadi orang-orang kreatif yang akan menciptakan nilai tambah yang besar terhadap ketersediaan sumber daya yang melimpah. Yang menjadi penghambat dalam pengembangan ekonomi kreatif diantaranya adalah masih terbatasnya sumber daya kreatif (orang kreatif) yang profesional dan kompetitif serta terbatasnya sumber daya pendukung yang berkualitas, beragam dan kompetitif.

Desa Drono, sebagai salah satu wilayah di Kabupaten Klaten tentunya juga memiliki potensi di bidang ekonomi kreatif, terutama ketersediaan sumber daya kreatif. Melalui Pengabdian masyarakat diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di Desa Drono melalui workhop liburan kreatif. Workshop liburan kreatif ini ditujukan kepada anak anak usia sekolah untuk merangsang penciptaan ide dan bakat kreatif dalam rangka menumbuhkankembangkan sumber daya kreatif.

Adapun tujuan dari Workshop Liburan Kreatif sebagai Media Pengembangan Bakat Bidang Ekonomi Kreatif adalah mendorong minat anak sekolah untuk menciptakan dan mengembangkan bakat dan kreativitas dalam bidang ekonomi kreatif, meningkatkan kemampuan anak sekolah untuk berinteraksi dan berfikir secara kreatif dan inovatif, memberikan pemahaman mengenai penciptaan  ide-ide kreatif bagi anak usia sekolah, dan memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada anak sekolah mengenai kreativitas yang tidak didapatkan di sekolah formal maupun di rumah.

Kata kunci: liburan kreatif, kreativitas, ekonomi kreatif


Full Text:

PDF

References


Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. 2014. Ekonomi Kreatif: Kekuatan Baru Indonesia Menuju 2025, Rencana Aksi Jangka Menengah 2015-2019. Jakarta

Masganti, dkk. 2006. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Suryana. 2016. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: mengubah Ide dab Menciptakan Peluang. Bandung: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.