TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI MEDIA WIRAUSAHA PADA KARANG TARUNA SEDYO MANUNGGAL KECAMATAN BERBAH

Rizqi Sukma Kharisma

Abstract


Dusun Jabung merupakan salah satu dusun tertinggal yang berada di wilayah kelurahan Kalitirto kecamatan Berbah. Para pemuda dusun Jabung tergabung dalam kelompok Karang Taruna dengan nama Sedyo Manunggal. Latar belakang pendidikan pemuda Karang Taruna Sedyo Manunggal sebagain besar hanya lulusan SMP dan SMA sederajad. Latar belakang ekonomi keluarga mereka pun sebagaian besar golongan menengah ke bawah.
Selepas lulus SMP atau SMA, banyak pemuda yang kemudian menganggur ataupun bekerja pada sektor informal seperti buruh tani ataupun buruh pabrik. Banyak pemuda yang tidak memiliki pengetahuan tentang teknologi yang sebenarnya dapat digunakan sebagai sarana untuk berwirausaha. Jika pun mereka memiliki perangkat teknologi informasi, seringkali hanya digunakan untuk keperluan hiburan seperti sosial media dan sejenisnya. Dengan memanfaat teknologi informasi yang tepat, dapat menjadikan sarana untuk berwirausaha yang tentunya akan meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Dari masalah ini solusi yang dilakukan dalam program pengabdian masyarakat ini adalah dengan mengadakan pelatihan penggunaan teknologi informasi untuk wirausaha meliputi : pelatihan peningkatan kesadaran teknologi informasi untuk wirausaha ,pelatihan motivasi wirausaha, pelatihan pembuatan foto prodak dengan kamera smart phone, pelatihan penggunaan media sosial untuk sarana jual beli, pelatihan penggunaan situs jual beli OLX, Buka Lapak, Toko Pedia dan Shoppe.

Kata kunci: wirausaha, ecommerce, karang taruna


Full Text:

PDF

References


"Kementrian Sosial Republik Indonesia," [Online]. Available: https://kemsos.go.id/content/profil-karang-taruna. [Accessed 26 Maret 2018].

C. Ahmadjayadi, Melesat atau Kandas? NEW INDONESIA, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.