PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBUATAN WEBSITE PEMASARAN DAN PENYUSUNAN INFORMASI GEOSPASIAL POTENSI WILAYAH DI DUSUN KERTODADI PAKEMBINANGUN

Sadewa Purba Sejati, Firman Asharudin

Abstract


Suatu organisasi pemuda tingkat dusun yang berada di lereng Gunungapi Merapi menyadari bahwa keakraban mereka dengan teknologi harus memiliki dampak positif. Wacana untuk membuat produk hingga rencana pemasaran pun sering diangkat dalam diskusi rutin (rapat pemuda) yang meraka lakukan sebulan sekali. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya pengetahuan tentang teknologi informasi untuk mendukung rencana- rencana yang mereka wacanakan. Oleh sebab itu, dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, pelaksana mencoba mengangkat tema tentang teknologi informasi. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang penggunaan teknologi informasi untuk membuat website pemasaran produk, juga untuk menyusun sistem informasi potensi wilayah pada tingkat kampung. Kegiatan dilaksanakan melalui diskusi dengan tema pemanfaatan teknologi informasi dalam penyusunan website pemasaran dan informasi geospasial potensi wilayah. Dalam kegiatan tersebut, pelaksana berperan sebagai fasilitator. Website yang disusun oleh pelaksana merupakan website partisipatif, dalam artian bahwa data dan informasi yang disajikan dalam website tersebut diperoleh dari hasil diskusi antara pelaksana dan peserta (mitra). Hasil kegiatan ini adalah website yang berisi konten pemasaran dan informasi geospasial potensi wilayah.  

Kata kunci: teknologi informasi, pemasaran, potensi wilayah


Full Text:

PDF

References


Hartono,“Peran Teknologi Informasi Geografi untuk Mendukung Ketangguhan Bangsa dari Foto Udara Hingga Augmented Reality dalam Bingkai Informasi Geospasial”, Makalah dalam Seminar Nasional Geotik 2017, Mei 24, 2017, dilihat 24 Mei 2018, .

Irnawati, 2015, Peranan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Sistem Pemasaran, Jurnal Faktor Exacta, vol. 8, no. 1, pp. 14- 22.

H.A. Mumtahana,dkk, 2017, Pemanfaatan Web E-Commerce Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran, Jurnal Khazanah Informatika, vol. 3, no. 1, pp. 6-15.

D. Praditya, 2014, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Pemerintahan Tingkat Desa, Jurnal Penelitian Komunikasi, vol. 17, no. 2, pp. 129-140.

Rahmana, “Peranan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah”, Makalah dalam Seminar Aplikasi Peran Teknologi 2009, pp. 11-15, Juni 20, 2009, dilihat 15 Maret 2018, .

N. Suryana, tanpa tahun, Program Pengembangan Sistem Informasi Pemerintah Daerah, Esri, Jakarta, dilihat 16 Maret 2018, < esriindonesia.co.id/u/lib/esriid/cms/lgp_white_paper_bahasa.pdf >.

H. Suyatna, “E Commerce untuk Siapa?”, Artikel dalam Kedaulatan Rakyat 2018, pp. 1, Maret 24, 2018.

Rastuti, dkk, “Sistem Informasi Geografis Potensi Wilayah Berbasis Web di Kabupaten Banyuasin”, Makalah dalam Seminar Student Colloquium Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SC TTI) 2015, Agustus 21- 22, 2015, dilihat 10 Maret 2018, .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.