PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN USAHA PAKAIAN ANAK DI DESA SENDANGADI KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN

Mulia Sulistiyono

Abstract


Pemasaran produk fashion tidak hanya mengandalkan penjualan offline semata, tetapi juga menggunakan jejaring sosial media. Salah satu social media yang sering digunakan untuk aktivitas penjualan produk fashion diantaranya yaitu Instagram. Data yang diambil dari NapoleonCat.com menunjukkan Ada 40 juta pengguna Instagram di Indonesia serta lebih dari 80% dari semua Instagrammers yang tinggal di Indonesia berusia 18-44 tahun. Mitra yang bekerjasama dalam pengabdian masyarakat ini memiliki masalah terkait media promosi yang belum memaksimalkan, sejauh ini masih terbatas via akun Instagram pribadi, belum memanfaatkan akun Instagram yang khusus digunakan untuk jualan. Dari permasalahan tersebut diberikan solusi yaitu Pelatihan penggunaan Instagram sebagai media promosi dan pemasaran dengan teknik Instagram automation serta pengadaan peralatan penunjang yang bisa digunakan untuk sinkronisasi antara display dan foto produk serta akun Instagram yang dimiliki. Luaran dari kegiatan ini adalah meningkatnya daya saing mitra dalam promosi dan pemasaran dengan menggunakan teknologi informasi. Hasil akhir dari kegiatan ini secara umum adalah meningkatkan kesejahteraan mitra dengan menggunakan teknologi informasi.

Kata kunci: Media Sosial, Instagram Automation, Teknologi Informasi


Full Text:

PDF

References


[Online]. Available:

http://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/16/01/26/o1k7vs382-yogyakarta-andalkan-empatsektor-industri-kreatif-hadapi-mea

[Online]. Available: http://jogja.tribunnews.com/2017/08/14/slemanfashion-festival-tampilkan-karya-21-desainer

[Online]. Available: https://napoleoncat.com/blog/en/instagram-userdemographics-in-indonesia-march-2017/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.