PELATIHAN ELECTRONIC LEARNING BAGI GURU DAN EDITING PHOTO BAGI SISWA SEKOLAH MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 4 SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Sleman memiliki sarana dan prasarana yang memadai, ditunjang dengan adanya sumber daya manusia (guru dan siswa) yang cukup banyak. Akan tetapi sekolah MAN 4 masih memiliki keterbatasan dalam pengelolaan sarana dan prasarana yang kurang maksimal, diantaranya adalah proses belajar mengajar yang diadakan oleh guru masih menggunakan metode konvensional (tatap muka di kelas), hal ini akan menyebabkan berbagai kendala diantaranya adalah ketergantungan siswa terhadap kehadiran guru, proses pembelajaran bergantung pada ruang kelas. Permasalahan lainnya adalah sulitnya pengembangan kreatifitas hardskill teknologi informasi bagi siswa-siswi diantaranya adalah editing photo. Tidak adanya mata pelajaran yang membahas mengenai editing photo mengakibatkan siswa-siswi tidak dapat mengeksplorasi kreatifitas mereka dengan maksimal. Dari permasalahan tersebut diberikan solusi pelatihan e-learning bagi guru dan editing photo bagi siswa MAN 4 Sleman. Pelaksanaan pelatihan berjalan dengan baik, dihadiri oleh 13 guru dan 42 siswa MAN 4 Sleman. Hasil akhir dari pelatihan electronic learning bagi guru dan editing photo bagi siswa MAN 4 Sleman memberikan keterampilan khusus baik bagi guru dan siswa.
Kata kunci: E-learning, edomodo, editing photo, photoshop, MAN 4 SlemanFull Text:
PDFReferences
B. Syaiful, Djamarah, 1996, “Strategi Belajar Mengajar”, Jakarta: PT.Rineka Cipta.
A. Krisianto, 2014, “Internet Untuk Pemula”, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Y. Supardi, 2009, “Internet untuk Segala Kebutuhan”, Elex Media Komputindo, Jakarta.
C. Jaya Kumar, Koran, 2002 "Aplikasi E-Learning dalam Pengajaran dan pembelajaran di Sekolah Malaysia", Malaysia
I.M. Agus Wirawan, I.G. Darmawiguna, 2014, “Pelatihan Desain Grafis dengan Aplikasi Corel Draw untuk Anak-anak Panti Asuhan se-Kecamatan Buleleng”, UNDIKSHA, diakses 14 Oktober 2018,
.
Refbacks
- There are currently no refbacks.