MEDIA INFORMASI PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA KEBAKARAN UNTUK USIA SEKOLAH DASAR

Widiyana Riasasi, Rivga Agusta

Abstract


Kawasan padat penduduk atau perkotaan merupakan kawasan yang rawan terhadap kebakaran yang disebabkan oleh kelalaian manusia. D.I.Yogyakarta, memiliki pola pemukiman padat sehingga pemukiman di daerah tersebut rawan terhadap kebakaran. Anak-anak sebagai komponen rentan terhadap bencana, perlu mendapat pengetahuan mengenai kebencanaan untuk menurunkan risiko bencana. Tujuan pengabdian masayarakat ini untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat, khususnya anak-anak, akan potensi bencana kebakaran di kawasan padat penduduk, menggunakan media informasi berupa poster dan leaflet. Penyajian informasi menggunakan animasi dengan komponen banyak warna agar menarik minat anak-anak agar tepat guna menyampaikan informasi yang dimaksudkan. Poster dan leaflet yang dihasilkan berisi informasi pencegahan kebakaran. Informasi yang terkandung dalam leaflet tersebut adalah jenis benda yang berbahaya dan berpotensi menyebabkan kebakaran, baik yang ada di tempat tinggal maupun di lingkungan sekitar; cara pemadaman kebakaran secara tradisional. Dari kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat disimpukan bahwa anak-anak, sebagai elemen yang rentan dalam pengelolaan bencana, perlu mulai mendapatkan pengetahuan mengenai kebencanaan untuk mengurangi risiko bencana, khususnya kebakaran; serta poster dan leaflet dengan informasi yang tepat dan tampilan yang menarik dapat menjadi media informasi kebencanaan yang cocok untuk usia anak-anak Sekolah Dasar.

Kata kunci : kebakaran, mitigasi bencana, media informasi, usia dini


Full Text:

PDF

References


Pemerintah Republik Indonesia. UU No. 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana

BPS. 2017. Statistik Daerah Kecamatan Gedongtengen 2017. Yogyakarta: BPS Kota Yogyakarta.

Gil. 2017. 90 Persen Kebakaran Disebabkan Jaringan Listrik. (http://jogja.tribunnews.com/2017/09/21/90-persen-kebakaran-disebabkan-jaringan-listrik diakses 21 Maret 2018)

Kawuryan, Fajar & Raharjo, Trubus. 2012. Pengaruh Stimulasi Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Disleksia. Jurnal Psikologi: Pitutur. Volume 1 No. 1, Juni 2012.

Team Redaksi Ka. KPKBPM Kota Yogyakarta. 2008. Panduan Pengetahuan Penanggulangan Bencana (MP3B) “Bencana Kebakaran”. CV. Kusuma: Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.