PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN ONLINE UNTUK UKM TAHU KURING PURWOMARTANI

Agus Fatkhurohman

Abstract


Unit bisnis kecil atau yang sering disebut dengan UKM (Usaha Kecil Menengah) seringkali mengalami beberapa kendala untuk bersaing dengan industri lain yang sudah mempunyai nama atau sudah terkenal di kalangan masyarakat terlebih dalam hal pemasaran. Bagi usaha kecil seperti industri rumahan kesuksesan sangatlah bergantung pada segi pemasaran. Jika salah mengambil strategi dalam mengambil keputusan terkait dengan pemasaran maka akan semakin berat untuk bersaing dengan industri lain. Maka dalam beberapa usaha kecil perlu adanya pendampingan dari beberapa praktisi untuk meningkatkan kegiatan pemasaran dan memperluas jaringan guna mendapatkan pelanggan yang lebih banyak lagi. Seperti contohnya yang saya ambil dari industri rumahan yaitu usaha penjualan Tahu Kuring yang terletak di daerah Purwomartani yang mana media pemasaran yang digunakan masih menggunakan cara klasik yaitu promosi dari orang ke orang atau bisa disebut dari mulut ke mulut. Padahal dalam era kemajuan teknologi seperti saat ini cara promosi tersebut sudah ketinggalan jaman dan menjadi media promosi yang kurang efektif. Dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat ini saya selaku penulis ingin membuat kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan pemasaran yaitu dengan mengadakan pelatihan dengan tema “Pelatihan Strategi Pemasaran Online untuk UKM Tahu Kuring Purwomartani”.


Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip. (1999). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian Jilid 1 (Edisi Keenam). Jakarta: Erlangga. Dilihat 15 Maret 2018, < https://id.wikipedia.org/wiki/Strategi_pemasaran>

Jurnal Komunikasi. 2013. Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Media Sosial Twitter, Facebook, dan Blog sebagai Sarana Komunikasi bagi Komunitas Akademi Berbagi Surakarta).

Amalia,Dina (Strategi Pemasaran yang Efektif untuk UKM) 2018, support@jurnal.id, dilihat 20 Maret 2018, https://www.jurnal.id/id/blog/2018/strategi-pemasaran-yang-efektif-untuk-ukm

Bagus, Deny (E-Commerce : Definisi, Jenis, Tujuan, Manfaat dan Ancaman Menggunakan E-Commerce), 2010, dilihat 22 Maret 2018,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.