ANALISIS SPASIAL POTENSI KEWILAYAHAN UNTUK PENGEMBANGAN USAHA EINHOMESTUFF DI SLEMAN YOGYAKARTA

Ika Afianita Suherningtyas

Abstract


Berbagai program kerjasama dan kesepakatan perdagangan antar negara – negara seperti AFTA (Asean
Free Trade Area), WTO (World Trade Organization), APEC (Asia Pasific Economic Coorporation), dan
AEC (Asean Economic Community) mengharuskan negara mampu turut bersaing secara internasional
dengan hasil produk perdagangan negara – negara lain dari seluruh dunia [5]. Berbagai program
dilaksanakan untuk mendukung SDM (sumberdaya manusia) dan kualitas produk buatan Indonesia. Sejak
Tahun 1995 melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional, Intruksi Presiden Nomor 4 Tahun 1995 telah
dicanangkan untuk meningkatkan wirausaha di Indonesia sebagai upaya membuka dan memperluas
lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi pengangguran. Einhomestuff merupakan UKM (Usaha
Kecil Menengah) yang bergerak dibidang industry konveksi dengan kegiatannya berupa pembuatan sprei,
slimut, perlengkapan bayi, dan perlengkapan rumah. UKM Einhomestuff memiliki potensi pasar yang baik
dengan kebutuhan pasar akan bedding stuff yang merupakan produk yang dibutuhkan masyarakat baik
untuk rumah tangga, perhotelan, rumah sakit/ puskesmas, dan homestay. Permasalahan UKM Einhomestuff
adalah perlunya analsisi potensi wilayah untuk peningkatan kualitas produk dan pemasaran. Hal tersebut
untuk mendukung kemampuan UKM Einhomestuff dalam persaingan secara nasional maupun global.
Melalui kegiatan pengabdian masyarakat dengan program pengembangan usaha menggunakan metode
pendekatan analsisis geografi, dijumpai bawa potensi kewilayahan dari lokasi UKM Einhomestuff memiliki
persaingan yang cukup ketat dengan dijumpai bahwa jumlah pesaing UKM di Kecamatan Sleman adalah
klas tinggi dengan nilai 2.159 usaha, pengembangan usaha Einhomestuff dilakukan dengan meningkatkan
kualitas produk dan pemasaran dengan teknologi melalui marketplace. Melalui pemasaran online
meningkatkan pesanan dengan pencapaian orderan mencapai 10 item perhari jika sebelumnya hanya 1-2
item perhari sebelum menggunakan marketplace. Melalui peningkatan kualitas produk maupun sumberdaya
manusia UKM Einhomestuff sehingga dapat bersaing secara global, membuka lapangan pekerjaan bagi
masyarakat, mengurangi pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Kata kunci: uraian abstrak, aturan penulisan, bahasa


Full Text:

PDF

References


BPS. 2017. Provinsi DI. Yogyakarta dalam Angka.

Yogayakrta: BPS.

BPS. 2017. Kecamatan Sleman dalam Angka.

Yogyakarta: BPS.

Edy, Alva Tontowi. 2016. Desain Produk Inovatif

dan Inkubasi Bisnis Kompetitif. Yogyakarta:

Gadjah Mada Press.

Florentika, Ika. 2007. Being a Happy Marketing

Executive. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Muta’ali, Lutfi. 2015 Pembangunan Kawasan

Strategi Ekonomi. Yogyakarta: UGM.

Republik Indonesia. 1995. Intruksi Presiden No 4

Tahun 1995 tentang Kewirausahaan Nasional.

Jakarta: RI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.