PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI MANAJEMEN RETAIL DAN KONSINYASI UNTUK PENGEMBANGAN USAHA

Ardiyati Ardiyati

Abstract


Pemberdayaan perempuan dalam bidang ekonomi haruslah memberikan kesejahteraan pada anggota.
Tahapan perkembangan kelompok adalah (1) penggalian motivasi dan proses penyadaran, (2)
pembentukan organisasi, (3) tahap konsolidasi dan stabilisasi organisasi, (4) pengembangan usaha produksi
dan pemasaran, (5 ) tahap kemandirian. Program pengabdian masyarakat ini mengangkat permasalahan
bagaimana mengembangkan pasar ritel dan kosinyasi untuk meningkatkan omset penjualan produk jamu
tradisional instan. Peningkatan omset penjualan diharapkan dapat meningkatkan keuntungan dan
kesejahteraan bagi anggota kelompok yang ditandai dengan peningkatan sisa hasil usaha yang dibagikan
dalam jumlah yang ideal. Perlu dilakukan penambahan segmen pemasaran ke Kraton Yogyakarta, museum,
hotel dan restoran yang menyediakan makanan tradisional. Perlu dilakukan pengelolaan jaringan untuk
mengembangkan akses pasar tersebut.
Kata kunci: permberdayaan perempuan, kesejahteraan, pemasaran


Full Text:

PDF

References


Sunartiningsih, Agnes. 2004. Pemberdayaan

Masyarakat Desa Melalui Institusi Lokal.

Yogyakarta:Aditya Media dan Jurusan Sosiatri

Fisipol UGM.

Ruwaida,Ida. 2016.Pemberdayaan dan Aksi Kolektif

Perempuan. Departemen Sosiologi FISIP

Universitas Indonesia. Jakarta

-------,2014, Data Usaha Ekonomi Masyarakat,

Pemerintah Kabupaten Bantul, Kecamatan Sedayu,

Yogyakarta, dilihat 20 April 2018,

Januar, 2016, Pertamina Berdayakan Ibu-ibu Penjual

Jamu di Bantul, Gatra.com, Jakarta,dilihat 20 April

-pertamina-berdayakan-ibu-ibu-penjual-jamubantul>

Atmoko, Andreas Fitri, 2016, Rumah Jamu Rewulu

Hadirkan Jamu Tradisional Berkualitas, Metro

News.com, Jakarta dilihat 20April 2018

k-rumah-jamu-rewulu-hadirkan-jamu-tradisionalberkualitas diakses 14 Agustus 2017.>


Refbacks

  • There are currently no refbacks.