TEKNIK DOCUMENT OBJECT MODEL (DOM) UNTUK MANIPULASI DOKUMEN XML

Kusnawi Kusnawi

Intisari / Abstract


Extensible Markup Language (XML) merupakan media yang sangat penting untuk representasi, pertukaran, dan pengaksesan data yang bersifat independen  multi platform tanpa tergantung pada teknologi yang digunakan. DOM atau disebut sebagai Document Object Model adalah model yang digunakan untuk memanipulasi dokumen XML, yaitu sebuah platform dengan bahasa yang netral yang memungkinkan suatu program atau script secara dinamis mengakses dan memperbaharui suatu dokumen, struktur dan berbagai gaya dari sebuah dokumen.

Document type definition atau sering disebut DTD, memungkinkan format yang unik untuk setiap dokumen xml. DTD berfungsi untuk mendefinisikan tipe dokumen XML. Seperti halnya deklarasi variable, deklarasi fungsi dan deklarasi tipe data pada bahasa pemrograman atau scripting untuk memastikan bahwa data yang diterima aplikasi itu adalah data yang valid. 

Untuk mendemontrasikan dengan menggunakan visual basic, bagaimana memanipulasi dengan DOM adalah memfaatkan fungsi DOMXML, parser XML yang membaca keseluruhan isi dari XML hingga end tag ditemukan, kemudian diterjemahkan dan diolah datanya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kusnawi,Transformasi Dokumen XML untuk Proses Database dengan menggunakan Visual basic dan SQL Server. Skripsi tahun 2002

www.xml.com, di akses September 2009

http://www.w3schools.com/dom/default.asp , diakses september 2009


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.