PERANCANGAN METODE SINKRONISASI INFORMASI AKADEMIK AMIKOM SOCIAL

Rizqi Sukma Kharisma, Arif Dwi Laksito

Intisari / Abstract


Kebutuhan informasi akademik di Universitas Amikom Yogyakarta cukup tinggi, setiap harinya sekitar 5-10 informasi akademik ditambahkan web site resmi Universitas Amikom Yogyakarta http://amikom.ac.id/. Website Universitas Amikom Yogyakarta dapat diakses menggunakan komputer desktop, mobile dan disediakan pula aplikasi mobile dengan nama Amikom Social untuk mengakses informasi-informasi akademik.

Saat ini aplikasi Amikom Social telah diunduh kurang lebih 5000 pengguna. Dalam perkembanganya banyak keluhan dari para pengguna Amikom Social khususnya pada metode sinkronisasi Informasi Akademik dari web service Universitas Amikom Yogyakarta dengan aplikasi Amikom Social. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan saat ini membutuhkan waktu yang lama dalam sinkronisasi Informasi Akademik. Setiapkali aplikasi Amikom Social melakukan sinkronisasi, informasi yang ada di database Amikom Social aklan dihapus secara keseluruhan dan selanjutnya diperbaharui dengan mengambil seluruh data yang ada di web service. Dengan metode ini informasi yang diperbaharui bisa saja tidak berbeda dengan informasi yang sebelumya. Hal ini dinilai kurang efektif karena tidak semua informasi perlu diperbaharui dan membutuhkan waktu koneksi yang lama.

Dari permasalahan tersebut di atas dibutuhkan sebuah metode yang lebih efektif untuk mempercepat proses sinkronisasi informasi antara web service Universitas Amikom Yogyakarta dengan aplikasi Amikom Social. Sehingga informasi yang diperbaharui hanya informasi-informasi terbaru dari web service Universitas Amikom Yogyakarta. Dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode pembaharuan versi data pada proses sinkronisasi informasi.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.