RANCANG BANGUN VIRTUAL GAMELAN MOBILE MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY

Tommi Suryanto, Ema Utami, Hanif Al Fatta

Intisari / Abstract


Gamelan merupakan alat musik tradisional yang harus tetap dilestarikan, semakin pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, pada era globalisasi perkembangan gamelan diharapkan mampu menarik minat anak muda.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh dalam pendeteksian interaksi dan bagaimana interaski dapat dideteksi oleh sistem dan dengan adanya aplikasi ini anak muda yang  memiliki media smartphone dapat memainkan aplikasi virtual gamelan ini dimana saja dengan media marker yang dapat langsung berinteraksi seolah-olah bermain gamelan. Prototype yang dibuat menggunakan unity3D dan Vuforia.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Inger, Yaron. 2012. Real‐time Image Blending for Augmented Reality on Mobile Phones. University of Jerusalem

Andewi, I. 2012. Perkembangan Kebudayaan Gamelan Jawa Di Tengah Arus Globalisasi. IKIP PGRI Madiun.

Tukan, Ewaldus Ambrosius. 2012 Penerapan Augmented Reality Pada Game Book. Yogyakarta : STMIK AMIKOM

Fathoni, Mochamad. Cahyono, Eko Budi, S.Kom, MT. Kusuma, Wahyu Andhyka, S.Kom. 2011. Alat Musik Perkusi Augmented Reality Berbasis Android. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang

Wagner, Daniel. Gruber, Lukas. Schmalstieg, Dieter. 2011. Augmented Reality on Mobile Phones. Graz University of Technology

Domhan, Tobias. 2010. Augmented Reality on Android Smartphones. Stuttgart

Bahtiar, Mas Ali. 2011. Sistem Augmented Reality Untuk Animasi Games Mengunakan Camera Pada PC. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Yunarko., et al. 2012. Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Kontrol Objek 3D Interaktif Melalui Sentuhan Tangan Berbasis Augmented Reality Dengan Library FLAR dan MotionTracker. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Prasetyo,P. 2012. Seni Gamelan Jawa sebagai Representasi dari Tradisi Kehidupan Manusia Jawa. Jakarta : Universitas Indonesia

Azuma, R.T., et al. 2011. Indirect Augmented Reality. United State : Nokia Research Center Hollywood.

Milgram, Paul., et al. 1994. Augmented Reality: A class of displays on the reality-virtuality continuum. Japan : ATR Communication Systems Research Laboratories

Sylva, R., et al. 2005. Introduction to Augmented Reality. Brazil : National Laboratory of Scientific Computation.

R.Lyu, Michael. 2012. Digital Interactive Game Interface Table Apps. Hongkong : Chinese University of Hongkong


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.