RANCANG BANGUN VIRTUAL GAMELAN MOBILE MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY
Intisari / Abstract
Gamelan merupakan alat musik tradisional yang harus tetap dilestarikan, semakin pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, pada era globalisasi perkembangan gamelan diharapkan mampu menarik minat anak muda.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh dalam pendeteksian interaksi dan bagaimana interaski dapat dideteksi oleh sistem dan dengan adanya aplikasi ini anak muda yang memiliki media smartphone dapat memainkan aplikasi virtual gamelan ini dimana saja dengan media marker yang dapat langsung berinteraksi seolah-olah bermain gamelan. Prototype yang dibuat menggunakan unity3D dan Vuforia.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Inger, Yaron. 2012. Real‐time Image Blending for Augmented Reality on Mobile Phones. University of Jerusalem
Andewi, I. 2012. Perkembangan Kebudayaan Gamelan Jawa Di Tengah Arus Globalisasi. IKIP PGRI Madiun.
Tukan, Ewaldus Ambrosius. 2012 Penerapan Augmented Reality Pada Game Book. Yogyakarta : STMIK AMIKOM
Fathoni, Mochamad. Cahyono, Eko Budi, S.Kom, MT. Kusuma, Wahyu Andhyka, S.Kom. 2011. Alat Musik Perkusi Augmented Reality Berbasis Android. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang
Wagner, Daniel. Gruber, Lukas. Schmalstieg, Dieter. 2011. Augmented Reality on Mobile Phones. Graz University of Technology
Domhan, Tobias. 2010. Augmented Reality on Android Smartphones. Stuttgart
Bahtiar, Mas Ali. 2011. Sistem Augmented Reality Untuk Animasi Games Mengunakan Camera Pada PC. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Yunarko., et al. 2012. Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Kontrol Objek 3D Interaktif Melalui Sentuhan Tangan Berbasis Augmented Reality Dengan Library FLAR dan MotionTracker. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Prasetyo,P. 2012. Seni Gamelan Jawa sebagai Representasi dari Tradisi Kehidupan Manusia Jawa. Jakarta : Universitas Indonesia
Azuma, R.T., et al. 2011. Indirect Augmented Reality. United State : Nokia Research Center Hollywood.
Milgram, Paul., et al. 1994. Augmented Reality: A class of displays on the reality-virtuality continuum. Japan : ATR Communication Systems Research Laboratories
Sylva, R., et al. 2005. Introduction to Augmented Reality. Brazil : National Laboratory of Scientific Computation.
R.Lyu, Michael. 2012. Digital Interactive Game Interface Table Apps. Hongkong : Chinese University of Hongkong
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.