PEMODELAN KONTEKS DAN CONTEXT AWARENESS AVATAR DI DUNIA VIRTUAL

Muhammad Dedi Iskandar, Lukito Edi Nugroho, Paulus Insap Santosa

Intisari / Abstract


Konteks avatar perlu dimodelkan secara utuh sehingga dapat digunakan dalam beragam skenario dunia virtual yang dinamis. Tool pemodelan yang digunakan harus dapat meminimalisir ambiguitas penafsiran pada pengembangan sistem selanjutnya, sehingga digunakanlah Mocha, suatu tool spesifikasi berbasis Ambient Calculus dan UNITY. Mocha dikembangkan sehingga dapat mengekspresikan situasi dimana dua atau lebih konteks terjadi secara konkuren. Situasi konteks konkuren memiliki bentuk situasi konteks yang unik pada dunia virtual dan tidak dapat dimodelkan oleh notasi konteks primitif.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bailenson, J.N., dan Blascovich, J, Avatars. Encyclopedia of Human-Computer Interaction, Vol 1, pp. 64-6, Great Barrington, MA: Berkshire Publishing Group, 2004

Clark, H.H., Brennan, S.E, Grounding in Communication, in L.B. Resnick, J.M. Levine and S.D. Teasley (eds.), Perspectives on Socially Shared Cognition, American Psychological Association, pp. 127-149, 1991

Crabtree, Andy, Rodden, Tom, dan Mariani, John, Designing Virtual Environments To Support Cooperation In The real World. Virtual reality. 6 (2). Pp. 63-74. ISSN 1359-433, 2002

Nugroho, L.E., A Context-Based Approach for Mobile Application Development. School of Computer Science and Software Engineering. Monash University, 2001

Tripathi, A.R., Kulkarni, D., Ahmed, T., A Specification model for context-based collaborative application, Pervasive and Mobile Computing 1(1): 21-42, 2005

Wilcox, C.D., dan Roman, G-C., Reasoning about places, times, and actions in the presence of mobility, IEEE Transactions on Software Engineering, 22(4):225-247, April 1996


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.