PEMODELAN KONTEKS DAN CONTEXT AWARENESS AVATAR DI DUNIA VIRTUAL
Intisari / Abstract
Konteks avatar perlu dimodelkan secara utuh sehingga dapat digunakan dalam beragam skenario dunia virtual yang dinamis. Tool pemodelan yang digunakan harus dapat meminimalisir ambiguitas penafsiran pada pengembangan sistem selanjutnya, sehingga digunakanlah Mocha, suatu tool spesifikasi berbasis Ambient Calculus dan UNITY. Mocha dikembangkan sehingga dapat mengekspresikan situasi dimana dua atau lebih konteks terjadi secara konkuren. Situasi konteks konkuren memiliki bentuk situasi konteks yang unik pada dunia virtual dan tidak dapat dimodelkan oleh notasi konteks primitif.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bailenson, J.N., dan Blascovich, J, Avatars. Encyclopedia of Human-Computer Interaction, Vol 1, pp. 64-6, Great Barrington, MA: Berkshire Publishing Group, 2004
Clark, H.H., Brennan, S.E, Grounding in Communication, in L.B. Resnick, J.M. Levine and S.D. Teasley (eds.), Perspectives on Socially Shared Cognition, American Psychological Association, pp. 127-149, 1991
Crabtree, Andy, Rodden, Tom, dan Mariani, John, Designing Virtual Environments To Support Cooperation In The real World. Virtual reality. 6 (2). Pp. 63-74. ISSN 1359-433, 2002
Nugroho, L.E., A Context-Based Approach for Mobile Application Development. School of Computer Science and Software Engineering. Monash University, 2001
Tripathi, A.R., Kulkarni, D., Ahmed, T., A Specification model for context-based collaborative application, Pervasive and Mobile Computing 1(1): 21-42, 2005
Wilcox, C.D., dan Roman, G-C., Reasoning about places, times, and actions in the presence of mobility, IEEE Transactions on Software Engineering, 22(4):225-247, April 1996
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.