ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI E-HOTEL YANG TERINTEGRASI DENGAN SMS GATEWAY DAN RESERVASI ENGINE

Anggit Dwi Hartanto, Abdul Muhammad Rosyid

Intisari / Abstract


Aplikasi Hotel adalah sebuah aplikasi yang mencakup semua fungsi bisnis dan fungsi management dalam hotel, terdiri dari modul untuk guest request, guest service, hotel shuttle, billing/invoicing, check-in, check-out, housekeeping dll. aplikasi dibagi menjadi dua bagian yaitu front end dan back end untuk mempermudah dalam manajemen, perencanaan, pengelolaan, transaksi yang ada di dalam hotel, di dalam aplikasi ini juga di integrasikan dengan modul sms gatway sebagai pendukung jalanya proses bisnis yang ada hotel.

Untuk bagian office di Hotel Syariah Arini masih menerapkan sistem manual,data transaksi akan di tulis dalam sebuah data excel kemudian disimpan setiap bulan. sedangkan untuk melakukan reservasi online Hotel Syariah Arini belum memiliki sistem tersebut selama ini Hotel Syariah Arini mengunakan modul dari pihak ke dua seperti www.klikhotel.com, www.hotel.info, www.agoda.web.id , dll untuk bisa mengakomodir reservasi online itupun data di pihak kedua tadi tidak bisa langsung masuk ke dalam pencatatan transaksi hotel jadi harus dimasukan secara manual ke dalam transaksi.

Pada skripsi ini penulis mencoba untuk menganalisis dan mengembangkan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengelola dan mempermudah pekerjaan dalam menjalankan fungsi bisnis dan fungsi manajemen di hotel seperti yang di sebutkan di atas, serta menambahkan sebuah modul sms gateway sebagai verifikasi dari reservasi tamu.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anjar Priyatna dan Lies Mulianto. Indonesia Journal of network & security Volume 2 No. 2 (2013) http://ijns.org/journal/index.php/ijns/ article/view/25 diakses pada tanggal 1 mei 2013.

Darwiyanti, Sri dan Romi Satria Wahono. 2003. Pengantar Unified Modeling Language (UML). Jakarta: IlmuKomputer.

Endar, Sri. 1996. Metodologi Penelitian dalam Bidang Pariwisata. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Hermawan, Julius. 2005. Analisa Desain & Pemrograman Berorientasi Obyek dengan UML dan Visual Basic.NET. Jakarta : Andi Publisher.

Meliana Christianti dan Tania Handoko Jurnal Sistem Informasi, Vol.5, No.2, September 2010:123 – 140

O’ Connor, Peter And Andrew J Frew. 2003. Hotel Electronic Distribution http://www3.tjcu.edu.cn/wangshangketang/lyxgl/yuedu/33.pdf. diakses pada tanggal 1 mei 2013.

Rizky , Soetam.2008. Sistem Informasi Terintegrasi menggunakan XML Web Service. Cetakan Pertama. Jakarta : Cerdas Pustaka Publisher.

Suartana. 1987. Reservation Hotel. Yogyakarta: Gava Media.

Tarigan, Daud Edison. 2012. Membangun SMS Gateway Berbasis Web Dengan Codeigniter. Yogyakarta: Lokomedia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.