PENILAIAN KUALITAS LAYANAN WEBSITE PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE E-GOVQUAL

Prita Haryani

Intisari / Abstract


E-government merupakan pemanfaatan teknologi informasi di bidang pemerintah. Salah satu implemantasi pengembangan e-government adalah penggunaan situs website di setiap institusi pemerintah baik pusat maupun daerah. Pemerintah Kota Yogyakarta merupakan salah satu institusi pemerintah daerah yang telah menerapkan e-government. Guna meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat melalui e-government, maka diperlukan feedback terhadap pihak Pemerintah Kota Yogyakarta, yaitu dengan melakukan analisis kualitas layanan website Pemerintah Kota Yogyakarta terhadap persepsi pengguna akhir. Pada penelitian ini menggunakan metode E-GovQual untuk mengukur kualitas layanan e-government. Jumlah sampel adalah 90 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis dekriptif hasil kuesioner, uji validitas, reliabilitas, dan penilaian  kepuasan pengguna menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas pengguna puas dengan kualitas layanan website Pemerintah Kota Yogyakarta. Guna meningkatkan kepuasan pengguna terhadap website Pemerintah Kota Yogyakarta, perlu ditambahkan fitur peta situs dan persetujuan tertulis antara pihak pengelola dan pengguna layanan website tentang aturan atau pedoman dalam penggunaan website Pemerintah Kota Yogyakarta

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Presiden Republik Indonesia, Intruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3: Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-government., 2003.

Directorat e-Government. (2016) Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI). [Online]. HYPERLINK http://pegi.layanan.go.id

Xenia Papadomichelaki and Gregoris Mentzas, "e-GovQual: A multiple- item scale for assesing e-government service quality," Elsevier, pp. 98-109, 2011.

A Parasuraman, V.A. Zeithaml, and L. L. Berry, "ServQual: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality," Journal of retailing, vol. 64, pp. 12-40, 1988.

S. J. Barnes, K Liu, and R. T. Vidgen, "Evaluating WAP news sites: TheWebQual/ M approach, in global cooperation in the millenium," in Proceedings of the Ninth European Conference on Information Sytem , Bled, Slovenia, 2001.

A Parasuraman, V. A. Zeithmal, and A Malholtra, "E-S-Qual: A multiple-item scale for assesing electronic xervice quality," Journal of Service Research, vol. 7, pp. 213-234, 2005.

Achmad Fuad and Mudjahidin , "Penilaian Kualitas Layanan E-Government dengan Menggunakan Dimensi E-GovQual (Studi Kasus Pemerintah Provinsi Jawa Timur)," Jurnal Teknik Pomits, vol. 1, no. 1, pp. 1-6, 2013.

Zeinia A.N. and Khairunnisa S.I., "Evaluasi Kualitas Webste Online Shopping di Indonesia Menggunakan Metode E-Serv-Qual," Universitas Gunadarma, 2015.

A. S. Chandra, "Pengaruh E-ServQual Terhadap Customer Satisfaction, Trust, dan Repeat Usage Layanan BCA Mobile ," Universitas Udayana, 2014.

Zahreza F. S. Putra, M Sholeh, and N Widyastuti, "Analisis Kualitas Layanan Website BTKP-DIY Menggunakan Metode WebQual 4.0. ," Jurnal SCRIPT, vol. 21, Desember 2014.

B. L. Wicaksono , A Susanto, and W. W Winarno, "Evaluasi Kualitas Layanan Website Pusdiklat BPK RI Menggunakan Metode WebQual Modifikasi dan Impotance Performance Analysis," Jurnal Media Ekonomi & Teknologi Informasi, vol. 19, no. 1, pp. 21-34, Maret 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. BAndung: Alfabeta, 1999.

Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Dipenogoro, 2002.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.