ANALISIS FITUR WEBSITE DAN APLIKASI MANAJEMEN TRANSAKSI DAN MEMBER SISTALISIUS

M. Nuraminudin, Atik Nurmasani, Rakhma Shafrida Kurnia, Ika Asti Astuti, M. Riandi Widiantoro, Ekastini Ekastini

Intisari / Abstract


Sistalisius merupakan online shop yang memilih website sebagai media promosi pendukung aktivitas penjualan produk-produk etnik yang dipasarkan. Tetapi, website yang ada saat ini belum mampu mendukung pelayanan perusahaan kepada pelanggan secara optimal. Manajemen transaksi belum terintegrasi dengan website, sehingga menimbulkan kesulitan dalam menghitung omzet dan merekapitulasi transaksi.

Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan analisis terhadap fitur pada website dan aplikasi manajemen transaksi dan member. Analisis didasarkan pada kebutuhan pelanggan dan perusahaan, dimana bisa membantu memetakan fitur yang dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode Customer Knowledge Manajemen (CKM) yang didasarkan pada fase Customer Relationship Management (CRM) dan Knowledge Management (KM).

Penelitian ini berfokus pada analisis fitur website dan manajemen transaksi dan member sistalisius. Hasil dari analisis metode CKM adalah rekomendasi fitur yang disarankan untuk pengembangan aplikasi pada sistalisius dan fitur rekomendasi untuk aplikasi e-commerce serupa.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Afifa, L.N.; Astuty, E.Y., 2015, Analisis Hubungan Strategi Knowledge ManagementTerhadap Kemajuan Kegiatan Akademik studi kasus Universitas Darma Persada, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015 STMIK AMIKOM Yogyakarta, ISSN : 2302-3805, pp. 1.2-313- 1.2-318

Aghamirian, B.; Dorri, B.; and Aghamirian, B., 2014, Customer Knowledge Management Application in Gaining Organization’s Competitive Advantage in Electronic Commerce, Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research Vol.10, Issue 1, January 2015, ISSN 0718–1876. Diakses tanggal 28 Desember 2015 dari http://www.scielo.cl/scielo.php?pid=S0718-18762015000100006&script=sci_arttext&tlng=pt

Awad, E.M. & Ghaziri, M.H., 2003, Knowledge Management, New Jersey ,Person Education. Inc, .

Boh, W.F. (2007). Mechanisms for Sharing Knowledge in Project-Based Organizations. Information and Organization,vol. 17, pp. 58-27.

Budiardjo, E.K.; Irwiensyah, F., 2008, Analisis fitur CRM untuk meningkatkan kepuasan pasien Berbasis Pada Framework of Dynamic CRM Studi Kasus: Departemen Obstetri Dan Ginekologi FKUI - RSCM Jakarta, Seminar Nasional Informatika 2008(SemnasIF 2008), ISSN: 1979-2328, pp. 349-357. Diakses tanggal 28 Desember 2015 dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/794/673

Rofiq, Ainur. 2007. Tesis Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Terhadap Pastisipasi Pelanggan E-Commerce (Studi Pada Pelanggan E-Commerce Di Indonesia). Diakses pada 27 Desember 2015 dari http://ainurrofiq.lecture.ub.ac.id/files/2012/03/tesis_ainurrofiq_dimensi_trust.pdf

Setiarso, Bambang. 2007. Penerapan Knowledge Management Pada Organisasi: Studi Kasus Di Salah Satu Unit Organisasi LIPI. Diakses tanggal 28 Desember 2015 pada http://mirror.unej.ac.id/iso/dokumen/pdf2/bse-ksni.pdf

Wijaya, S.W.S., 2012, Analisis Fitur E-Commerce Berdasarkan Conceptual Model Of Costumer Knowledge Management (CKM) Studi Kasus pada E-Commerce Sarana Hidayah, Naskah Publikasi Thesis, Program S2 Magister Teknik Informatika, STMIK Amikom Yogyakarta.

Zanjani, M. S, Rouzbehani, R dan Dabbagh, H (2008), Proposing Conseptual Model of Customer Knowledge Management: A study of CKM Tools in British Dotcoms, World Academy of science, Engineering and Technology 38 2008.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.