ANALISIS PENGELOLAAN DAN MONITORING DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEBSITE PADA SLTP DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Armadyah Amborowati, Robert Marco

Intisari / Abstract


Salah satu permasalahan yang terjadi dalam penggunaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) selama ini, adalah adanya penyelewengan dan ketidakefektifan pengelolaan dana BOS. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat memonitoring dalam mewujudkan efektifitas pengelolaan dana BOS. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL dan disertai dengan menggunakan database yang disesuaikan dengan kebutuhan dalam proses perancangan sistem ini. Sedangkan evaluasi pengembangan sistem ini menggunakan metode PIECES dan analisis kelayakan (teknologi, hukum, ekonomi dan operasional). Sistem informasi BOS berbasis web, diuji menggunakan black box testing dan white box testing, untuk melihat kualitas dan keandalan sistem. Hasil pengujian ini, menyatakan bahwa sistem BOS sudah berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya dan tidak terjadi kesalahan dalam  program.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Departemen Pendidikan Nasional, 2009, Buku Panduan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam rangka wajib belajar 9 tahun.

Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.

Azhar, Susanto, 2007, Sistem Informasi Akuntansi, Jakarta: T. Lingga Jaya.

Jogiyanto HM. 2005. Analisis & Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Mcleod, Jr., Raymond and Schell, George P. 2007. Management Information System, 10th Edition. New Jersey : Prentice Hall.

Pressman, Roger S., 2001, Software Engineering A Practitioner’s Approach, Edisi kelima. New York, Amerika : McGraw-Hill.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.