Implementasi Konsep Gamification pada Aplikasi Terapi Autis dengan Metode Applied Behavior Analysis

Donni Prabowo, Ema Utami, Hanif Al Fatta

Abstract


Autisme merupakan gangguan yang dialami sejak lahir ataupun saat balita. Gangguan ini merupakan kelainan perkembangan sistem saraf pada seseorang. Penderita autisme umumnya mengalami kesulitan dengan fungsi sosial, motorik, sensorik, dan kognitif. Salah satu penanganan autisme yaitu dengan melakukan terapi. Metode terapi autis yang paling sering digunakan sampai saat ini yaitu metode Applied Behavior Analisyst (ABA). Saat ini penerapan konsep permainan atau gamification merupakan salah satu cara untuk membuat penderita autism antusias untuk melakukan terapi, oleh karena itu penelitian ini akan membahas perancangan aplikasi game terapi autis pada empat bidang yang menjadi masalah bagi penderita autism yaitu bidang sosial, motorik, sensorik, dan kognitif. Rancangan aplikasi game terapi ini akan diterapkan pada sistem terapi autis yang menerapkan metode ABA yaitu sistem Ahada (ahada.info). Pendekatan yang digunakan dalam proses perancangan game terapi pada penelitian ini adalah model Game Design Document menurut Adams Ernest. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yang menyatakan bahwa implementasi konsep game pada sistem terapi autis Ahada dapat diterapkan dengan menggunakan pendekatan Game Design Document. Pendekatan ini dinyatakan sebagai pendekatan yang baik untuk digunakan dalam proses perancangan game. Selain itu, penelitian ini juga menyatakan bahwa penerapan konsep Natural User Interface (NUI) dapat diintegrasikan dengan sistem Ahada untuk memenuhi kebutuhan terapi motorik.

Autism is disorder experienced since the time of birth or infancy. This disorder is developmental disorder of the nervous system in person. People with autism generally have difficulty with social, motor, sensory, and cognitive. One of autism treatment is therapy. Autism treatment methods are most commonly used to date are Applied Behavior Analisyst method (ABA). Now, game concept application is one way to create enthusiasm for autism therapy, therefore this research will discuss about design of autism therapy game on four areas that become problem for people with autism are social, motor, sensory, and cognitive. The design of the therapy game application will be applied to autism therapy system that implements the method ABA, that is Ahada system. The approach used in the game design process of therapy in this study is Game Design Document by Ernest Adams. This study resulted conclusion that the concept of gaming on Ahada autism therapy system can be implemented by using Game Design Document. This approach is expressed as good approach to use in game design process. In addition, this study also stated that the application of the Natural User Interface concept can be integrated with the system to meet the needs motor therapy.


Full Text:

PDF

References


Walker, C. E., Roberts, M. C., 1992, Handbook of Clinical Child Psychology, Second Edition, Wiley and Sons, New York.

Ryan, C. S., 2011, Applied Behavior Analysis: Teaching Procedures and Staff Training for Children with Autism, Autism Spectrum Disorders - From Genes to Environment, InTech, Shanghai.

Handojo, Y., 2009, Autisme pada Anak. Menyiapkan Anak Autis untuk Mandiri dan Masuk Sekolah Reguler dengan Metode ABA Basic, Buana Ilmu Populer, Jakarta.

Noor, H. A., Shahbodin, F., Pee, N. C., 2012, Serious Game for Autism Children: Review of Literature, International Conference on Computer Games, Multimedia, and Allied Technology, Venice, Italy.

Casas, X., Herrera, G., Coma, I., Fernández, M., 2012, A Kinect-Based Augmented Reality System for Individuals with Autism Spectrum Disorders, SciTePress, Rome, Italy

Adams, E., 2010, Fundamentals Of Game Design, Second Edition, New Riders, Barkeley

Stefanus, S., 2005, Reverse Engineering - Teori dan Aplikasi, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.